Selasa, 28 Juli 2015

Tips Foto Bayi ala Anne Geddes

Hello Happy Readers,

     Dari jaman belum punya anak, saya udah suka liat foto-foto bayi. Ekspresinya yang gemesin, polos, lucu, bikin hati meleleh.  Kalau lagi iseng browsing suka ngumpulin foto-foto bayi buat jadi foto profil atau wallpaper laptop. Gambar bayi favorit saya yaitu karya Anne Geddes.

     Anne Geddes, fotografer kelahiran Australia punya ciri khas foto bayi dengan kostum-kostum peri, bunga, dan binatang.  Kalau lihat karya-karya Geddes, daya tariknya ada pada ekspresi si bayi seperti ketawa, nangis, cemberut, bahkan tidur. Lucu? Bangeett...




Teman-teman sudah pernah lihat yang ini?
Sumber foto: paintings-art-picture.com
Sumber foto: www.walltor.com
Sumber foto: www.crokniem.com
Sumber foto: www.citelighter.com

     Yap, sebagian besar kayanya udah sering muncul di mesin pencari. Foto tadi cuma sedikit dari segudang karya Geddes yang lain. Mudah banget menemukan bayi-bayi lucu Geddes, tinggal ketik 'Anne Geddes Pictures' langsung muncul makhluk imut lucu gemesin sin sinn.

Tips Foto Keren dari Anne Geddes
     Dalam situs babycenter.com, Anne Geddes berikan tips bagaimana mengambil foto (bayi khususnya) yang bagus. Aslinya tips ini ada 18 poin saya rangkum jadi 5 tips saja biar lebih cepat dipraktekkan. Kalau Teman-teman mau versi lengkapnya silakan meluncur ke sini ya 18 Tips Taking Great Photos from Anne Geddes.

Siapkan kamera 
Momen bagus datang sewaktu-waktu, jadi selalu siapkan kamera di tangan.  Nggak perlu kamera yang canggih, pakai smartphone kita saat ini pun jadi.  Lebih bagus, kalau anak sudah kenal dengan kamera yang sering kita pakai, hasil gambar pun lebih terlihat alami.

Sejajarkan dengan mata anak (child's eye level)
Saat mengambil foto, usahakan sejajar dengan mata anak.  Kalau perlu jongkok, berlutut atau tiarap (hey, ini serius).  Tujuannya untuk mendapatkan sudut pandang personal.

Waktu yang tepat
Pilih waktu saat bayi sedang dalam kondisi paling happy. Pastikan anak sudah kenyang dan dalam posisi yang nyaman.

Candid
Menurut Geddes, hasil foto paling bagus banyak yang diambil secara candid. Nah.. Siapa yang suka foto candid? Berarti sama kaya saya... *toss*

Cahaya alami
Flashlight is a big no. Geddes suka menggunakan cahaya alami dari jendela, lebih natural dan menghasilkan gambar lebih menarik. Cahaya terbaik untuk foto adalah pagi hari atau sore hari. Hindari foto tengah hari karena... (yang sering motret pasti tahu^^)

Saking sukanya sama Geddes, waktu Sera usia 9 bulan saya coba bikin versi sendiri. Ini dia.. Tarraa...
Sera lagi bobo ala Mameh Ghina.

Gimana, cukup keren lah ya buat pemula *lalu dilempar kulkas* 

     Orangtua kekinian pasti sering tuh ambil foto anaknya buat dipajang di media sosial. Termasuk saya, lho. Hampir semua foto di instagram @mamehghina isinya Sera semua berbagai gaya.  Jaman masih rajin foto pakai kamera DSLR segala aktivitas Sera dijepretin. Termasuk foto di atas tadi. Lama-lama, pindah pakai smartphone soalnya lebih cepat walaupun kualitas gambar dari kamera smartphone yaa begitulah.

     Oh iya, kembali mengingatkan Teman-teman setiap foto anak harus pakai baju jangan telanjang. Selain itu, samarkan alamat, sekolah, tempat les, dan informasi penting lainnya. Karena banyak orang di luar sana yang punya niat nggak baik memanfaatkan foto di media sosial. 

     Kayanya cukup deh postingan kali ini. Selamat berfoto ria, dear Happy Readers...


PS: Foto Sera tadi kalau di belakang layar kaya gini nih... Hehe..

2 komentar:

  1. Wah, seru juga ya candid baby pas lagi tidur, behind the sciencenya lucuk, hasilnya juga bagus, ga kalah sama Anne Geddes ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang seru mbak, deg-deg ser.. Takut anaknya kebangun. Mbak Nia.. Makasiih juga dah dibilang ga kalah sama Anne Geddes.. *tangkep idung ke atap*

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Teman-teman :)