Selasa, 30 Juni 2015

New #nuliskompakan: Mom's Stories on July

Hello Happy Readers,

Puasa sudah menginjak tanggal belasan nih, cung siapa yang sudah punya baju lebaran? Saya udah dong.. He-he-he. Yang mau cari baju lebaran, mudah-mudahan dapet yang bagus, cocok dan bikin semakin cetar di hari yang fitri nanti. Nggak beli pun ngga apa-apa yang penting kan, akiknya baru (sambil usap-usap batu kali).

Menjelang bulan Juli nanti saya punya proyek baru, nge-blog bareng sobat seperjuangan waktu jaman kuliah namanya Shofa. Seorang ibu yang agak pendiam ini punya baby girl lucu bernama Eureka. Kami sama-sama punya hobi nulis. Beberapa hari lalu Shofa ajak bikin proyek tantangan nulis dengan tema sehari-hari banget, seputar ibu rumah tangga yang dikasih judul #nuliskompakan.






Jadi ibu muda, yang minus pengalaman pasti menemukan banyak tantangan. Ya menyusui lah, problem mau karir apa jadi ibu rumah tangga, anak nggak mau makan, dan lain sebagainya.  Soalnya jadi ibu emang nggak ada sekolahnya, tapi ujiannya hampir tiap waktu. Ga heran banyak drama-drama diantara keseharian para mahmud si mamah muda. Teman-teman gitu juga nggak sih?

Masalah-masalah si mamah muda:
- anakku ga mau makan
- anakku susah belajar toilet training
- pengen kerja tapi anak sama siapa?
- dll

Kadang, terjebak dalam rutinitas sehari-hari yang menguras tenaga, waktu dan emosi bikin mamah sedikit frustrasi.  Lelah sudah pasti, tapi tugas jadi ibu harus tetap dijalanin gimanapun kondisinya.  Nah, gimana cara mengatasi problem-problem tadi? Kalau saya biasanya belajar dari pengalaman orang lain, cari teman senasib dan curhat.  

Dengan saling cerita, manfaat yang paling terasa adalah beban berkurang walaupun sebetulnya belum tentu menyelesaikan masalah.  Dalam istilah psikologi ini dinamakan katarsis (pelepasan emosi) yang efeknya bisa menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan percaya diri seseorang.

Saya sering baca blog yang isinya seputaran curhatnya ibu-ibu rumah tangga.  Ada yang cerita proses kelahiran yang panjang dan melelahkan seperti Mbak Sary Melati pas proses kelahiran putri bungsunya Maira Jingga di sini.  Juga cerita menginspirasi lain menjalani peran ibu dengan putri cantik yang terlahir dengan rubella, Mbak Gracie Melia dalam Letters to Aubrey. Cerita tadi dan ibu-ibu lain bantu naikin semangat dan ingatkan saya pentingnya bersyukur sekecil apapun.

Oke kembali ke proyek, rencananya kami mau tulis 10 tema dibagi jadi per tiga hari sekali posting.  Total waktu tantangan ini kurang lebih satu bulan, eh tapi mengingat ada libur lebaran, jadi bisa pending selama satu minggu.  Tema-temanya yaitu...
1. Anakku adalah...
2. Baby blues
3. Anakku mirip siapa?
4. Drama menyusui
5. SAHM vs Career
6. 10 Favorite kids stuffs
7. Anakku lengket
8. GTM
9. Me time
10. Kids in the future

Gimana nih, Teman-teman temanya? Mungkin tema cerita kami terdengar sederhana, iya memang komitmen kami juga sesederhana temanya yaitu saling menyemangati melewati tantangan hari-hari sebagai ibu muda. Konon namanya ini saling menginspirasi lewat tulisan. 

Saya masih belum kebayang, gimana ya Shofa yang punya panggilan 'momom' ini memulai aktivitas perdana jadi seorang mom blogger? Coz waktu saya dulu aja boro-boro nulis, online aja susahnya minta ampun. Ga punya waktu luang, si kecil nempel terus kaya perangko. Pas menjelang Sera tiga tahun baru bisa aktif lagi nge-blog.  Mungkin Shofa bakal jalanin prosesnya nggak mudah, apalagi peran Shofa juga merangkap seorang mompreneur punya bisnis hijab bernama 'fromAlavya'. Wow, acung empat jempol deh buat Shofa. 

Persahabatan lintas ruang dan waktu sekarang mudah saja.  Lewat dunia maya kami coba satukan lagi tali silaturahim ini.  Saya terinspirasi dari Kumpulan Emak Blogger, tempat berbagi dan silaturahim ibu-ibu blogger lintas daerah dan generasi. Shofa belum bisa gabung soalnya blognya Shofa yaitu aha-eureka.blogspot.com masih newbie sepertinya perlu waktu buat jadi anggota komunitas-komunitas blogger. Soon, insya Allah akan gabung sama blogger-blogger keren lainnya (benerin hijab).

Saat ini kami masih berdua mengerjakan proyek #nuliskompakan, walaupun begitu nggak menutup kemungkinan Teman-teman yang tertarik bisa gabung proyek kecil kami ini. Buat Teman-teman yang mau partisipasi satu atau dua atau semuanya (ngarep dot kom) tema-tema barusan bisa ikut komentar di bawah ya. Harapan terbesar saya, mudah-mudahan cerita kami nanti bisa bermanfaat. Aamiin...

Sampai ketemu di postingan perdana ya, Happy Readers!


6 komentar:

  1. Ghinaaaaaa......!!!
    Pengen ikutaaaannn....
    Tema: Anakku lengket nih gue bingits... *pasang lem di dada Baby D baju gue* :-P

    Tambahan tema lagi:
    Anakku daftar SMP a.k.a puyengnya cari sekolah sambil momong sambil boyongan.
    Anakku mulai belajar jalan.
    Anakku maemnya habis! Horeee..

    *mulai rusuh sodorin tema*

    Kangen nge-blog bingiiittsss..
    Huwaaa.... kangen Ghina...kangen Sera jugaaa...
    Muaaaachhh *kecup luber*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Mommy D, ditunggu banget postingan Baby D si Anak Lengket-nya, tag ke diriku yah Mbak..

      Btw, itu tambahan tema ampe mbudul gitu, curcol ya Mom? Hihi.. Kecup manis dari kita juga. Muahh ^^

      Hapus
  2. Aku pengen ikutan nuliskompakan cuma aku orangnya spontan. Kalau lagi ada ide ya nulis kalo nggak kudu dipaksa biar dapet ide hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sih Mbak, kalo nulisnya kepaksa pasti hasilnya ga cetar.. Hehe.. Ntar kalo udah dapet ide buat nulis kompakan tag dirikuh.. Makasih ya Mbak Putri... ^^

      Hapus
  3. wah ide bagus banget mba bikin nulis kompakan gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lebih seru kalo rame-rame.. Makasih dah mampir yah ka Aini.. ^^

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Teman-teman :)