Selasa, 18 Agustus 2015

Drama Menyusui: Terimakasih Para Pendukungku Saat Menyusui

Hello Happy Readers,

    Adakah Teman-teman yang ikut partisipasi pada World Breastfeeding Week 2-9 Agustus lalu? Pada saat pekan ASI sedunia tersebut, saya amati secara garis besar ada beberapa tipe tanggapan ibu-ibu. Ada yang menyusui dan merayakan, tidak menyusui dan merayakan, menyusui tapi tidak merayakan terakhir tidak menyusui dan tidak merayakan. Nah gimana dengan saya sendiri? Kalau saya sudah tidak menyusui dan ikut mendukung adanya pekan menyusui sedunia.  Mau tahu alasannya, ada di bagian akhir tulisan ini so stay tuned yah Teman-teman...





    Balik lagi ke nulis kompakan bareng sobat, Shofa dengan blognya aha-eureka.blogspot.com.  Tema tulisan keempat kami ini masih selaras sama WBW,  tentang dunia menyusui.  Tema besarnya adalah Drama Menyusui. Kenapa diambil tema tadi, karena setelah proses kehamilan, kelahiran, seorang ibu menghadapi proses selanjutnya menyusui.  Ada yang mudah juga ada yang bersusah payah dulu, harus melewati masa-masa penuh perjuangan.  Saya termasuk yang kedua.

  Saya sendiri nggak habis pikir, kok bisa-bisanya menyepelekan urusan ini pada waktu hamil.   Pikir saya, ah tenang menyusui mah gampang tinggal dibuka terus lepp, kaya iklan sosis.  Yang terjadi nyatanya nggak segampang tadi, sampai saya ber-drama ria selama awal berikan ASI ke Sera. 

   Cerita Drama Menyusui sudah pernah saya posting di blog dengan judul Pejuang ASI - 1 dan Pejuang ASI - 2

   Drama itu berakhir dengan happy ending, berhasil menyusui Sera. Ibarat perjalanan menyusui saya kaya labirin. Ketemu bermacam dokter, bidan, eh kurang puas, cari lagi yang tradisional, sampai ada kejadian dipijat payudara pake oncom (iya, oncom dari tempe itu..) katanya biar bengkaknya sembuh. Mentok sana-sini, sampai alhamdulillah ketemu juga solusinya. 

    Masa-masa itu sudah lewat, malah kalau ingat lagi saya suka geli sendiri.  Kok bisa ya, se-lebay itu?! Padahal kalau baca cerita ibu-ibu lain banyak yang lebih menguras darah dan air mata. Banyak yang lebih tough, lebih kuat, dengan permasalahan lebih rumit. Saya hanya bisa acung empat jempol, salut.

    Sekarang...  

    Saya cuma ingin berterimakasih sama orang-orang di balik si drama menyusui. Mereka adalah orang paling berjasa selama proses sulit tersebut. Apalah artinya saya tanpa kalian. Mereka adalah.... *drumroll*

1. Suami
    Partner utama dan paling nomer satu.  Yang keukeuh harus bisa menyusui, ga ada dalam kamusnya kata susu formula.  'Haram' hukumnya. Yang tiap waktu rajin browsing cari literatur per-ASI-an, dari mulai cara perlekatan, nanganin kolik dan emosional ibu, sampai cari dokter pro ASI. Ga tau udah berapa puluh artikel sama jurnal yang dibaca. Belum tumpukan buku menyusui di sudut kamar.

    Sering banget Suami jadi sasaran keluhan waktu saya ngerasa ASI kurang, "Kenapa sih ngga susu formula aja? Mameh dulu juga kan pernah jadi anak sufor..."

     Terus pas nenen bedarah-darah lecet, suami cuma diem, dengerin saya ngeracau, ditambah mewek-mewek. Ah tetep aja suami nggak bergeming, katanya, "Mameh pasti bisa nyusuin."

    Pernah ngerasa suami kok tega banget ama istrinya sampai maksa-maksa segala harus bisa. Sayang nggak sih sebenarnya sama istrinya ini? *mulai lebay lagi deh*

    Suami juga orang paling sabar, selalu optimis bisa melewati semua tantangan menyusui, tekad dia kuat cari solusi walaupun istilahnya sampai ke ujung dunia.  Berkat konsistensi beliau ngarahin harus tetap ng-ASI, akhirnya berhasil juga. Sampai badan anaknya kaya karung beras, gendut akibat mabok ASI.  Makasi ya Beh..

2. dr. Frecillia Regina
    Beliau hadir sebagai penyelamat bahtera per-nenen-an saya.  Ketemu beliau dari hasil browsing Mr.Geek (ketebak lah siapa, yap, bebehnya Sera). Kata beliau, "Dari hasil review dan profiling, track record dr. Frecillia oke.  AIMI dan pro ASI nih, kita coba yuk."

    Jaman konsultasi dulu tahun 2011 praktek dr Frecillia kaya jalan tol, mulus lancar nggak pake ngantri sampai jauh-jauh hari kaya sekarang. Pas konsul juga bisa sampai berjam-jam, sampai saya puas nanya ini itu, termasuk dibantu praktek macam-macam teknik nyusui, perah, pijat payudara, sampai beliau pijat punggung saya biar rileks.

    Beliau mau dengerin semua keluh kesah, kasih motivasi, selalu jawab tiap tanya di bbm. Bonusnya, beliau itu dokter yang ramah anak, muda, baik, ah perfecto! Ga heran, fans nya makin banyak tiap hari.

    Selain itu beliau adalah saksi perkembangan Sera dari kurang berat badan sampai hampir obesitas. Ada kata-kata beliau yang bikin hati kelepek-kelepek, waktu saya berterimakasih lalu dr. Frecil jawab begini,

 "Nggak, Bun... Bunda yang hebat, selama ini Bunda yang udah berjuang buat Sera..."

Beuh, meleleh banget deh, jadi makin cinta sama dokter satu ini. Makasih ya dr. Frecil sayang..

3. Mbak Esti, relawan AIMI ASI Jawa Barat
    Dosen ITENAS Bandung sekaligus jadi relawan AIMI ASI yang wara wiri jemput ASI Perah (ASIP) dari donor ke AIMI dan mengantarkannya ke ibu-ibu yang membutuhkan bantuan. Saya pernah dua kali minta ASIP ke AIMI waktu masih nggak pede sama jumlah ASI sendiri.

    Beliau datang ke rumah, senyumannya yang ramah bikin saya ngerasa kaya udah kenal lama. Mbak Esti mendengarkan cerita saya, sharing kisah cerita menyusui ibu-ibu lain. Memotivasi saya, pasti bisa, bisa dan bisa menyusui.

    Sampai dia cerita, masih menyusui putranya yang sudah menginjak balita 3,5 tahun.  Terkagum-kagum aja gitu sampai segede gitu masih nenen. Dan beliau bilang masih ada ASInya, bahkan ukuran PD nya yang mungil tapi ASI tetap deras mengalir. Kok bisa? Tadinya saya cuma bisa geleng kepala, aneh bin ajaib.  Eh malah saya sendiri merasakan di posisi mbak Esti, nyusuin anak hampir 4 tahun. It's totally awesome. Makasih banyak Mbak Esti..

4. Ibu-ibu donor ASI
    Saya juga ingin menyampaikan terima kasih untuk ibu-ibu donor ASI yang udah mau berbagi tetesan air berharga mereka untuk Sera.  Seseorang yang saya pun sendiri belum pernah lihat wajahnya dan belum sempat bertemu.  

    Mbak Esti bilang salah satu ibu donor AIMI, namanya Calista atau Clarissa. Saya agak lupa.  Kepada beliau yang sudah mau berbagi ASI, saya haturkan terimakasih banyak.  Semoga Tuhan yang balas kebaikan Ibu... Karena air berharga ibu lah Sera pernah kekenyangan sampai ketiduran sambil mimik ASIP-nya.

    Juga untuk Ibu susu Sera yang lain, si baik hati, rela digedor pintu rumahnya malam-malam untuk dibagi Sera. Teman seperguruan mengaji, Teh Imas.  Padahal dirimu nyetok ASIP buat Nada yang ditinggal kerja.  Hiks, makasih banyak teh, air cintanya udah turut mengaliri darah Sera, mengenyangkan Sera kecil yang lapar. Allah SWT yang balas kebaikan Teh Imas. Makasih banyaak..

5. Mbak Elah, terapis bayi
    Melalui tangan mbak Elah, masalah per-nenenan saya terpecahkan.  Kata beliau, saluran air susu saya tersumbat, alirannya kurang lancar. Masih kata mbak Elah, padahal air susunya saya banyak, karena tersumbat itulah akhirnya payudara saya sering bengkak.

    Rasanya bulu kuduk merinding tiap mau dipijit, nyeri dari ujung kaki merambat naik sampai ke ubun-ubun. Banjir air mata tiap kali jemarinya menekan payudara. Rasa sakit plus ngilu yang belum pernah saya alami sebelumnya. Alhamdulillah, setelah pijatan 'dahsyat' itu ASI jadi lancar jaya. Makasih Mbak Elah.

6. Keluarga 
   Ibu, Bapak, Bapak mertua, Mama mertua dan juga adik-adik tersayang.  Mereka selalu dukung keputusan menyusui ini, tanpa bertanya kenapa begini-begitu.  Mereka ikut jagain Sera, ikut bergadang, ngikut wara-wiri kemana pun saya cari bantuan, dan selalu ada saat saya butuh walaupun cuma minta tolong ambil air minum. Ah, nggak bisa ngomong apa-apa deh saya. Makasih makasih banyak, Allah balas kebaikan semua dengan lebih besar. 
**
    Kunci keberhasilan seorang ibu menyusui menurut saya selain niat yang kuat dari diri sendiri, juga bergantung pada seberapa besar dukungan orang-orang di sekitarnya.  It takes two two tango. Ibu dan peran lingkungan.  Semakin banyak orang yang mendukung ibu menyusui, maka tantangan demi tantangan menyusui perlahan insya Allah bisa terlewati.

    Itulah alasan saya, kenapa saya turut merayakan pekan ASI Sedunia, World Breastfeeding Week.  Supaya lebih banyak ibu-ibu menyusui yang alami kesulitan bisa terbantu oleh informasi dan dukungan lingkungan sekitar.  

    Dengan adanya WBW tersebut, saya punya harapan sebagai berikut:    
  • Perusahaan yang belum ramah ibu menyusui, mudah-mudahan segera buat kebijakan ramah ibu menyusui.  
  • Tempat-tempat umum, bandara, terminal bus, stasiun kereta, ikut menyediakan fasilitas ruang menyusui
  • Semakin banyak para ayah yang tahu kalau keberhasilan proses menyusui sangat butuh dukungan mereka, seperti mengganti popok bayi, bergantian menggendong, memijat punggung istri atau bisa masak buat istri.
  • Ibu menyusui makin mudah mengakses informasi dari lembaga formal (Rumah sakit, AIMI) dan non formal (Ayah ASI, forum diskusi the urban mama, dll).
    Mudah-mudahan para ibu lain nggak ada lagi seperti saya, yang malu bertanya, sungkan masuk grup, atau ragu minta bantuan saat mengalami masalah per-ASI an yang berujung pada drama.  Semoga yah...

Sera 0 bulan
Sera 8 bulan

4 komentar:

  1. Itu sera imuut bgtt ih hihihii
    Mg2 kelak aku ga dpt drama sedih sedih ah pas punya beby huhuhuu
    Kyknya emang perasian ini byk dramanya ya mb ghina :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. pokonya mba Nita harus lebih sukses menyusui tanpa drama pas nanti nyusuin.

      Kayanya begitu ya mba, drama terjadi dari pengalamanku dan temen2 karena kurang persiapan juga ngga punya info per-ASI an dari hamil.. Kalau aja ada mata kuliahnya ya mba NIta, pasti ga akan bingung.. Hehehe...

      Hapus
  2. Duh, memang nge-ASi itu butuh perjuangan yah...
    Aku pun samaaa, waktu jaman Kayla masih minim edukasi tentang ASI nya, jadi terpaksa dicampur sufor...
    Tapi setelah hamil Fathir, mulai banyak browsing dan Alhamdulillah bisa eksklusif..

    Mudah2an dengan adanya WBW ini ibu2 pada mulai ngeh tentang betapa pentingnya asi & memberikan support juga yaaah...
    Aku masih inget betapa rikuhnya diri ini kalo harus terpaksa asi-in Fathir di tempat umum krn gak ada fasilitas buat ibu menyusui :))

    Itu foto terakhirnya Sera tembem banget siih...lucuuuu!
    *cubit2 pipi Sera*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah bisa maksimalin ASI eksklusif buat Fathir. Berarti teh Erry pejuang ASI juga duong..

      Iya, teh mudah-mudahan sesama ibu bisa saling dukung per-ASI an. Biar ga ada drama-drama menyusui, kan lebih seru nonton Kdrama, ya nggak teh?!!

      Emang, tembem bangett.. Lagi gendut2nya itu teh..

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Teman-teman :)