Minggu, 31 Mei 2015

[Review] Sebamed Children's Shampoo

Hello Happy Readers

     Saya mau review produk perawatan rambut anak favorit, Sebamed Children's Shampoo. Setelah tiga tahun gonta ganti sampo yang cocok buat Sera,  akhirnya saya jatuh cinta sama produk ini. Bikin rambut Sera gampang diatur, mengembang dan nggak mudah kusut.  Dulu belum kepikiran beli Sebamed soalnya harganya yang cukup 'lumayan' kalau dibanding sampo anak lain. Nah pas waktu dapat voucher belanja, langsung dipakai beli Sebamed Children's Shampoo di Guardian.  Karena cocok akhirnya saya putuskan beli lagi lewat online.  



     Jenis rambut Sera termasuk halus, warnanya kehitaman dan bagian atas lurus tapi bawahnya keriting.  Kalau kata orang-orang sih rambutnya Sera lucu, keriting gantung.  Sera sering dapat pujian karena rambutnya bikin penampakannya tampak girly dan cute, alhamdulillah. 

     Kurang lebih ada sekitar 5 merk sampo pernah saya coba, seperti P*****, C******, K******, Z******, dan M***. Tiap sampo tadi menurut saya masih ada kekurangannya. Kadang jadi lepek, kusut sampai susah disisir, wangi cepat hilang, warna rambut berubah jadi kemerahan sampai rambut kering.  Alhasil rambut keriting gantungnya jadi keriting kusut nggak jelas gitu.  Bad hair day deh akhirnya. Padahal ya, siapa sih yang ngga kepingin rambut anak kaya di iklan-iklan sampo yang berkilau, mengembang, dan wangi sepanjang hari? 

     Let's Try the Shampoo
     Dari keterangan dalam produk Sebamed Children's Shampoo tertulis sampo ini bisa dipakai dari bayi sampai dewasa. Samponya berwarna  putih hampir mendekati bening dan cairannya agak encer.  Walaupun encer pemakaiannya cukup sedikit saja untuk anak-anak dan bayi.  Saya pakai untuk Sera sekitar tiga sampai empat tetes.  Begitu diberi air, busanya sedikit nggak seperti sampoo lain yang busanya melimpah. Kalau saya lebih suka yang busanya sedikit tapi kurang seru nggak bisa dibuat mainan busa nih. Lalu wanginya beraroma bunga-bungaan lembut nggak menyengat, sayangnya kalau sudah siang wanginya cepat hilang kena bau matahari.  Setelah keramas, kering dan disisir sampai besok masih kelihatan mengembang.   

     Iseng deh browsing apa isi formula di dalamnya ke www.sebamed.com.  Seru juga lho, buka websitenya Sebamed ini, banyak informasi dan visualisasi kesehatan kulit lengkap juga interaktif.  Semua produk Sebamed memiliki gambar depan tercantum keterangan pH 5.5. Apa itu pH? pH adalah nilai asam atau alkali terukur dari rentang skala 1 sampai 14. PH netral ada di angka 7 sedangkan dibawahnya adalah asam dan diatasnya alkali. Untuk kulit sehat memiliki nilai keasaman 5.5. Dengan angka pH 5.5 tersebut produk Sebamed tidak akan merusak kelembaban alami kulit which is rata-rata sabun pada umumnya memiliki tingkat pH 9-12 atau termasuk golongan alkali. 

     Penggunaan alkali pada produk perawatan kulit ternyata bisa menyebabkan iritasi sampai kerusakan terutama pada jenis sensitif.  Kerusakan ini sifatnya kumulatif, bisa semakin parah kalau makin sering.  Buat yang pernah mengalami kulit gatal, kemerahan, rasa terbakar, kekeringan bisa jadi produk mengandung tingkat alkali tinggi.  Untuk kulit bayi dan anak-anak yang kadar kelembaban kulitnya masih bagus pastinya produk harus sedekat mungkin dengan pH alami kulit supaya mencegah iritasi.

     Kesimpulan
     Saya puas sama produk Sebamed Children's Shampoo, bikin rambut lembut, gampang diatur, mengembang dan nggak cepat kusut.  Walaupun hasil akhirnya tetep, nggak sesempurna model iklan (ya iya lah.. emang si mameh korban iklan).  Kasih nilai 4.5/5 deh. Kekurangannya apa ya, paling wanginya kurang tahan lama.  Kalau harga, bervariasi sih di online shop rata-rata sekitar 110-130 rupiah untuk ukuran 250 ml dan 98-120 ribu untuk ukuran 150 ml.  Saya beli di Lazada ukuran 250 ml 110.000, sempat banding-banding dan ini yang termurah.  Alasan kenapa saya beli lagi, soalnya bisa awet tahan sampai 3 bulan (150 ml dengan pemakaian keramas dua hari sekali). Bahayanya, saya jadi ngeceng juga produk Sebamed lainnya kaya facial cream katanya bagus juga.  He-he-he. 

     By the wayulasan ini bukan berarti produk perawatan kulit anak yang dipakai saat ini tidak bagus.  Ada anak yang oke pake produk apapun, ada juga yang kurang cocok.  Semuanya tergantung kondisi dan jenis rambut tiap anak. Kaya perawatan kulit dewasa yang cocok-cocokan produk anak juga kurang lebih seperti itu. Intinya, produk bagus belum tentu mahal, dan produk mahal sudah pasti bagus (he-he-he). 

     Semoga ulasan ini membantu Mommies atau Teman-teman yang lagi cari produk perawatan rambut anak-anak ya. Kalau ada yang punya rekomendasi produk sampo anak favorit boleh komen2 di bawah saya tunggu. See you later.


Dus dan botol shampo Sebamed Children's Shampoo


Keterangan produk di sisi kanan dan kiri berbahasa Inggris


Varian Baby Sebamed




Sampo Sebamed putih agak bening



Sampo setelah diberi air nampak busanya sedikit.


Sebelum dikeramas rambut Sera keriting nggak jelas

Setelah keramas keritingnya mulai 'nurut' ;)

15 komentar:

  1. Kalau sampo yang cocok buat cowo apaan ya mbak > heheh salam kenal ibu muda *eh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Bahrul. Wah saya kurang hapal nih klo cowok. Hehe. Biasanya cowok lebih suka wangi maskulin yang seger2 gitu kaya Cle*r atau Zi*c.. Bener ga sih?

      Hapus
  2. Sesudah kramas hasilnya "Warna rambut menjadi lebih hitam."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Rizky, kalo yang difoto itu tampak lebih hitam curiga efek kamera.. Thanks udah mampir..

      Hapus
  3. lumayan ya mak harga shamponyaa :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang lumayan ka Rusydina.. Berapa kali lipat sampo anak biasa. Sampe dibela-belain demi anak.. hehe.. ^^

      Hapus
  4. Wah, rambutnya jadi lebih panjang ya? Hihi, jadi pengen coba deh:p Thanks for sharing^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih panjang karena baru disisir, udah gitu langsung naik lagi rambutnya (efek keriting...) Sama2, makasih udah mampir Tia.. :)

      Hapus
  5. Belum pernah nyobain shamponya mba gin, tapi sabun pernah waktu anak kaya kering gitu kulitnya. Oke juga kayaknya pake samponya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya rekomen menurutku samponya mbak Shinta.. Kayanya sabun masuk wishlist juga nih.. hehe.. ;)

      Hapus
  6. Rambut anakku juga curly gitu bund, keriting gantung kalo kata orang. Cobain shampoo sana-sini berharap ada yang cocok, malah rambut anakku kering plus merah gitu. Begitu baca ini, pege cobain sebamed juga. Semoga cocok juga,makasih infonya bunda 😊

    BalasHapus
  7. Moms rencana untuk calon baby, aku maunya pake produk sebamed semua nih. Kayak shampoo, baby cream, baby bath, baby lotion & baby oil nya jg..
    Berhubung setelah googling jarang banget reviewnya, kalo momy pake selain shampoo nya mau dnk reviewnyaa...hehehehhe

    BalasHapus
  8. Rambut anak saya lurus tp bwah nya udh agak pecah bun... Apa ya solusi nya...

    BalasHapus
  9. Rambut anak saya lurus bun... Tp bwah nya agak pecah... Ada solusi ga bun... Makasih... Minta solusi sampo yg bgus apa ya...

    BalasHapus
  10. wah buat shampo bayi cocok juga ga ya... kayaknya menarik hehe. makasih infonya!

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Teman-teman :)