Minggu, 23 Agustus 2015

Ibu Bekerja atau di Rumah, Sama Saja

Hello happy readers,

Mengawali postingan ini dengan pertanyaan, mana lebih baik ibu bekerja atau di rumah? Ayo, kalau menurut Teman-teman gimana? Berbagi cerita di komentar yuk...



Tema nulis kompakan berikutnya yaitu tentang SAHM (stay at home mom) dan WM (working mom).  Mau memilih bekerja atau jadi ibu rumah tangga sudah jadi pertanyaan umum yang mengundang pergolakan batin. Halah.

Dulu sebelum menikah, saya pernah bekerja di satu lembaga swasta bergerak di bidang kesehatan reproduksi remaja yaitu Mitra Citra Remaja (MCR). Lebih tepatnya MCR berada di bawah naungan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jawa Barat.

Setelah 6 bulan bekerja, saya dikenalkan seseorang yang sedang cari pendamping. Lalu kami saling tukar CV, ketemuan sekali dan langsung melamar.  Singkat, padat, dan cepat perkenalan kami ini. Pada waktu itu calon suami punya prinsip boleh istrinya bekerja asal tidak mengganggu pekerjaan rumah tangga.

Perasaan saya waktu itu, happy sekaligus galau tingkat tinggi.

Dilema antara truskan bekerja, atau resign?  Saya bayangkan setelah menikah nanti, waktu akan terbagi jadi dua antara keluarga dan pekerjaan. Muncul rasa khawatir tidak bisa maksimal buat keluarga kalau saya tetap memutuskan bekerja.

Selain itu, saya juga punya mimpi setelah menikah ingin jadi ibu rumah tangga. Kayanya lebih enak gitu jadi ibu rumah tangga, pikir saya. 

Kemudian saya memutuskan resign.

Waktu saya minta ijin resign ke bapak pimpinan PKBI, beliau kaget dan tidak sependapat sama keputusan saya. Beliau bilang, "Sebetulnya berkeluarga itu tidak harus menghalangi bekerja.  Begitupun sebaliknya."

Perdebatan cukup alot, namun akhirnya saya diijinkan meninggalkan MCR. Hal yang paling sedih saat resign adalah hilangnya kebersamaan bareng teman-teman MCR, my partners in crime. Ah sedih, pisah sama teman-teman yang sudah saya anggap keluarga sendiri. 

Singkat cerita, saya menikah, lalu hamil, melahirkan, dan membesarkan Sera sebagai ibu rumah tangga.

Dalam benak saya setelah memutuskan jadi ibu rumah tangga, semua berjalan seperti yang saya inginkan. Anak yang bisa duduk manis, nurut sama ibu ayahnya, pekerjaan rumah bisa beres dilakukan dengan senang hati, bisa berdandan untuk suami, dan masak masakan kesukaan suami.

Namun apa yang saya rasakan tidak seindah itu. Saat saya pindah ke Tangsel pada tahun 2012 bersama keluarga kecil saya, ini yang terjadi:
  • Anak nempel terus, nggak boleh saya ngapa-ngapain, bahkan buat mandi aja susah. 
  • Pekerjaan rumah terbengkalai. Dengan anak yang maunya sama saya terus, saya kesulitan buat menyapu, ngepel dan cuci baju. Untung suami mau ikut berbagi pekerjaan rumah.
  • Berdandan untuk suami, boro-boro. Rambut acak-acakan, diikat poni, baju daster berkancing untuk siap kala harus menyusui Sera. 
  • Cuci baju di ekspor ke laundry dan sebagian dicuci sama suami di rumah. 
  • Nyetrika hanya baju kantor suami dan bajunya sera. Sisanya dilipat aja.
  • Masak gimana dong? Ya telepon, pesen katering rumahan. Saya cuma masak sarapan, dan menu andalan adalah sop ayam. 
So, gimana rasanya jadi ibu rumah tangga?
Sumpah, ini pekerjaan paling berat dari pekerjaan saya waktu kerja dulu. Luar biasa. Kerjanya 24 jam, 7 hari seminggu, dan nggak ada cuti.  That was make me almost crazy.

Tiap hari saya mengeluh ke suami, Sera nggak mau begini, nggak mau begitu, nggak bolehin saya begini dan begitu. Sosok Sera waktu kecil adalah anak yang punya energi banyak. Dia menghabiskan hari-harinya main baca buku, main flashcard, balok, boneka, menggambar dan nonton youtube. Dia sering gonta ganti mainan tapi gampang banget bosan, dan kalau saya jauh walau setengah meter dia bisa meledak tangisnya. 

Kondisi tadi membuat saya hampir nggak ada waktu buat diri sendiri. Akhirnya  saya minta bala bantuan, adik-adik saya. Ada 3 adik yang bisa dimintai tolong. Mereka saling gantian siapa yang sedang nggak ada kegiatan di Bandung, supaya datang ke rumah untuk main sama Sera. Biar saya bisa sedikit bernapas.

Ibu rumah tangga macam apa saya ini? Ya saya mah memang begini orangnya. Gampang menyerah dan cengeng (ngaku).

Untung suami paham dan ngerti posisi saya seperti apa.  Nggak banyak menuntut karena beliau lihat profil 'unik' Sera dan kebutuhan dekat sama saya lebih besar.

**

Satu waktu di rumah Sera nggak mau makan, nggak mau mandi dan nggak membolehkan saya ngapa-ngapain. Saya belum sarapan waktu itu harus temani Sera main. Dalam kondisi lapar, sementara Sera (menurut saya saat itu) menyebalkan banget lalu saya terbawa kesal, saya marah dan nangis deh dia. 

Sore harinya saya telepon ibu, curhat ceritanya.

"Ibu... Sera begini begitu... Kesel banget... Capeee... " sembari berlinang air mata.

Ibu dengar curhatan saya dari A-Z, selama puluhan menit.

Lalu tiba giliran ibu bicara, "Teh Ghina, harus bersyukur jadi ibu rumah tangga. Gimanapun susahnya anak, itu anak sendiri. Coba kalau di posisi ibu, sekarang. Ibu kerja tiap hari, ninggalin anak di rumah, ngajar anak-anak di sekolah. Ada murid yang nggak mau nurut, kabur pas pelajaran, asik ngobrol pas ibu lagi di di depan kelas... Belum hubungan dengan rekan kerja, atasan, pasti ada aja masalah mah."

Deg, saya melongo.  Tadinya mau curhat eh malah balik ibu yang curhat. Speechless

Bukannya dulu saya yang minta sama Allah, ingin jadi ibu rumah tangga?! Kenapa pas Allah sudah kasih saya malah nggak bersyukur, ngeluh habis-habisan?

Astaghfirullah.

Keluhan membuat saya nggak bisa melihat sisi baik lain yang saya miliki.

**

Kesimpulan saya adalah ibu bekerja dan ibu rumah tangga, sama saja kalau dilihat dari segi tantangan dan masalah. Namanya juga kehidupan tidak akan pernah lepas dari ujian. 

Masing-masing punya lahan ibadah sendiri-sendiri, 

Apapun keputusan kita sebagai ibu di rumah atau ibu bekerja, harus bisa memaksimalkan peran yang dijalani. Peringatan buat diri sendiri, stop mengeluh.

Sekarang, saya masih ibu rumah tangga, dan sudah punya asisten rumah tangga. Lumayan pekerjaan rumah bisa terbantu. Namun walaupun sudah ada asisten, Sera masih nempel sama saya di usianya yang hampir 4 tahun. Jadi untuk urusan Sera sih nggak berubah.

Ujian, pasti ada saja, tapi berkaca dari pengalaman di atas saya harus selalu bersyukur dan happy bagaimanapun susah kondisinya. 

Hmm, rumput tetangga memang selalu lebih hijau, kan?!

24 komentar:

  1. Teh Ghina salam kenal ya,, salam juga buat Sera, pasti menggeaskan.
    Saya baru saja melahirkan dan galau tingkat akut antara jadi IRT atau WK. Tapi setelah diskusi dg suami saya memutuskan utk jd WK (Wanita karir) dg bekerja sbg guru, doain lancar ya mb segala urusannya (*nah lho malah curhat)

    Teh, kok Sera bisa nempel terus gt? ya jelas gak bisa ngapa2in ya teh
    semangat yaa apapu profesi kita semuanya adlh baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay salam kenal mba Mei.. Moga lancar ya mba, pilihannya berkarir.. Smangat.. Gapapa mba, seneng kok dicurhatin *eh..

      Kayanya magnet antara kami begitu kuat, sampai ga bisa dipisahkan... Hehehe.. Sekarang alhamdulillah lengketnya udah berkurang, udah mau TK juga..

      Makasih dah mampir ya mba^^

      Hapus
  2. waah mak, semangat yaa, aku nikah aja belum hehe cuma bisa kasih semangat dan doa semoga bisa dikuatkan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, saling menyemangati kita ya.. Nikmati masa lajangmu ka Desi^^

      Hapus
  3. I noted Mba: apapun keputusannya, itulah yang harus dijalani dengan maksimal ya :)

    BalasHapus
  4. Hahahaha xD. Toss lah ya Ghin.

    Sera udah skolah belum Ghin? Kalo uda sekolah nanti lumayan sih punya waktu even satu sampai dua jam buat mengerjakan beberapa hal lain dengan tenang (walaupun seringnya ga termasuk ngeblog sih hahahahha)

    Iyes, jadi IRT ataupun Ibu Bekerja sama saja. Yang penting kita happy menjalaninya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh tos apa dulu ini Mam? *pura2 gak tau..* ;P

      Rencananya taun depan masuk TK A mam.. Jadi 'me time' ntar nunggu dia masuk sekolah dulu ya.. Hahaha..

      Itu banget Mama Aira... Makasih dah mampir^^

      Hapus
  5. Mba Ghina aku ngefans loh ama tim PKBI. Hahahaha. Di Jogja tim PKBI nya asik-asik bangeeet soalnya. Betewe, aku tau rasanya jadi keduanya. Dulu jadi WM, sekarang jadi FTM. Sama-sama challenging with its own challenges, I'd say. Tapi ya tapiiiiiiiii, kalo buat aku pribadi, jadi FTM lebih capek. Hiksss. Dulu pas masih kerja, kerja tuh rasanya udah kayak me time soalnya bisa ketemu temen, cerita-cerita di jam lunch, makan bareng, dll. Sekarang sering kesepian. Makan siang sendiri, ngapa-ngapain sendiri, apalagi Ubii kan belum terlalu bisa/ngerti kalo diajak interaksi. Jadi aku semacam bosen di rumah sukanya. Makanya agenda terapi Ubii jadi hepi (padahal cuman begitu ya) krn jadi bisa ketemu orang (terapisnya, pasien lain, resepsionis, even tukang parkir) dan bisa jadi ngobrol sama org lain. Hahaha. Maaf ya aku curhat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay Mami Ubii.. Pengen juga dong kenalan ama tim PKBI Yogya.. Hehe..

      Seneng dicurhatin ama Super Mom kaya Mami Ubii nih, iya kalau FTM waktu buat bersosialisasinya jauuh berkurang ya mam.. Syukurlah di sela2 terapi bisa jadi agenda ngobrol n sharing2 juga.. Kayanya menyenangkan walau cuma saling say Hai dan nanya kabar...^^

      I adore u Mami Ubii, keep shining n inspiring.. Makasih udah curhat, hihi..

      Hapus
  6. Sebaiknya sih di rumah untuk mengurus anak dan keluarga. Tapi, tergantung juga sih, kalau udah ada kesepakatan (biasanya diikuti dengan itung2an kebutuhan dan ketersediaan uang bulanan) dan dirasa memang dg istri bekerja, anak2 tidak telantar sih sah2 saja asal ada yang mengawasi. Seneng sebenarnya lihat ibu2 muda yg hidupnya bisa membagi diri antara kerjaan dengan keluarga. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya harapan para bapak2 ke ibu2 begitu ya mas Adie, bisa di rumah untuk keluarga... Tapi memang nggak bisa disamakan juga dengan kondisi rumah tangga masing2. Bener mas, ada hitung-hitungannya.

      Iya mas Adie, saya juga salut dan kagum kalau ada ibu bekerja yang bisa pintar bagi waktu.. Kasih empat jempol deh.. ;D

      Hapus
  7. assalamu alaiku mama gina yang terhormat..
    ini pertama datang ke sini hihi..

    menanggapi hal di atas

    andaikan ibu fokus membangun rumah tangga di rumah. suami sebagai kepala nahkoda kapal dan anak istri sebagai penumpang harus saling kuat menguatkan. setiap keluarga problemnya juga berbeda beda iya bukan?

    salam kenal, dan mohon maaf sebelumnya...
    silakan bermain ke blog saya bila berkenan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalaam mas Mukhofas,

      perumpamaan itu bagus mas, suami, istri dan anak-anak harus saling membantu dan menguatkan.. Makasih sudah mampir dan meninggalkan jejak ya..

      Oke, saya main ke blognya yaa..

      Hapus
  8. Kalo Ibuku bilang ,, istri itu lebih baik di rumah,, kalo mau usaha juga dirumah, entah itu wirausaha atau apapun yang penting dirumah mba,,,,,,, agar rumah tetap terjaga,,, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, idealnya begitu ya mas Irwin.. Makasih sudah mampir mas, salam untuk ibunya..^^

      Hapus
  9. Sama anakku ya mba, maunya nempel bae sama maknya. Aku kalo pas lagi kesel, capek, pengen marah trus lihat anak2 membayangkan kalo udah gede, pasti saat kaya gini yang aku rindukan. Ya udah nikmati aja. Tapi tetep besoknya ya kesel lagi, ngeluh lagi, inget lagi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba Rahmi, saat bayangin nanti anak pisah terus pada mandiri itu yang bikin sedih..

      Kalau mulai kesal, bete sepertinya itu tanda-tanda butuh piknik mba.. Hihi...^^

      Hapus
  10. Eh, ini sebenernya dipanggil Sarah atau Ghina sih? Hehe...

    Memang memutuskan buat resign itu beraaaat...aku pun sempet stres dan lumayan lama adaptasi dari yang biasa kerja, jadi tinggal dirumah dan ngurus anak...

    Aku resign pas hamil Kayla duluuu....

    Tapi InsyaAllah masa2 rempong akan berlalu, dan suatu saat kita bakal kangen sama masa2 itu lhoooo...jadi sekarang berusaha utk dinikmati ajaaaaah :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa ya panggilannya?? Jawaban tentang nama panggilan di About Me loh teh.. So cari tahu sendiri yah.. (Ngerjain teh Erry dikit ah.. wkwk..)

      So true teeh, harus menikmati sebelum masa2 ini berlalu.. ;)

      Hapus
  11. Haiii...haiii...salam kenal mameh 😊

    Iya, nikmati aja. Nanti juga berlalu. *sok bijak, padahal msh ada anak menjelang 3 th yg juga doyan nempel sama emaknya* 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii.. salam kenal juga mba Indri.. Wah jadi sama toh nasib kita, dilengketin ama anak.. *Toss* Hahaha..

      Cuma mau bilang mari kita sama2 menikmati masa2 ini.. Semangaat.. Makasih sudah mampir dan berkenan tinggalkan jejak ya mba..^^

      Hapus
  12. Wah, kalau aku malah pengen banget dirumah aja, main sama anak-anak... hiks...
    salam kenal ya, dulu di PKBI juga ya?

    BalasHapus
  13. mba. saya jadi tambah semangat untuk menjadi ibu rumah tangga yang bisa menjadi sekoci di keluarga saya nanti, yah meskipun saya nikah aja belom hihi..

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Teman-teman :)