Sabtu, 18 April 2015

Pesan Taksi Pakai Aplikasi, So Easy.

Taksi. Ketika membayangkan taksi, Apa yang kalian bayangkan? Apakah burung yang terbang di udara? Atau warna biru muda cerah? Wah.. sepertinya jawaban kita sama. Bayangan saya langsung melesat pada kendaraan, sedan warna biru muda, dengan lambang burung biru terbang milik Blue Bird.

Taksi Blue Bird bernaung pada perusahaan Blue Bird Group yang berdiri sejak tahun 1974.  Kemudian perusahaan ini jadi yang terbesar dan paling lama beroperasi di Indonesia. Reputasi yang kuat dan layanan yang semakin berkembang mengantarkan Blue Bird Group melantai di Bursa Saham dengan menawarkan saham ke publik sejak November 2014 lalu. Dengan menerapkan standar pelayanan dan kualitas yang tinggi, Blue Bird Group menjadi partner transportasi paling terpercaya. Jangkauan Taksi Blue Bird sangat luas mencakup lima pulau besar di Indonesia. Bahkan, setiap bulan Taksi Blue Bird melayani jutaan pelanggan dari seluruh nusantara.  Maka tidak heran, di Indonesia kata 'taksi' akan sangat identik pada Blue Bird.

Blue bird paham betul kebutuhan pelanggan yang semakin hari semakin butuh kecepatan dan kemudahan layanan saat memesan taksi. Seiring waktu, Blue Bird terus berinovasi melayani pelanggan dalam bentuk aplikasi pada ponsel pintar (smartphone).  Melihat peluang tersebut maka dari itu pada tahun 2011, Blue Bird Group meluncurkan Taxi Mobile Reservation.
bluebirdgroup.com


Ya, sesuai jargon atau tag line-nya, its so easy, Blue Bird Taxi Mobile Reservation memberikan layanan pesan taksi lebih mudah dan cepat hanya dalam genggaman. Pelanggan di kota-kota besar seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan dan Bali sudah bisa mengakses layanan baru Blue Bird Group ini. 

Apa bedanya dengan menelepon call center?
Jika kalian masih bingung, kita uraikan pesan taksi dengan menelepon call center. Kira-kira jalurnya sebagai berikut.

Pelanggan -> call center -> petugas call center cari taksi -> pesanan taksi masuk ke dalam fleety armada taksi -> armada taksi menghubungi call center -> call center menghubungi pelanggan

Namun, jika menggunakan layanan  Blue Bird Taxi Mobile Reservation skema nya menjadi di bawah ini.

Pelanggan -> aplikasi Blue Bird Taxi Mobile Reservation-> taksi terdekat menangkap sinyal melalui GPS -> pelanggan

Perbandingan dari segi efektifitas waktu dan kecepatan pasti layanan Blue Bird Taxi Mobile Reservation lebih unggul. Pelanggan yang memakai layanan ini juga bakal dapat keuntungan lain diantaranya:
  1. Mudah, praktis dan hemat biaya.  Hanya pakai pulsa langganan atau wi-fi gratis.
  2. Fasilitas Lacak/Tracking. Dengan fasilitas ini, kita bisa melihat taksi yang sudah kita pesan berjalan menjemput kita.  
  3. Dapat menambahkan keterangan menuliskan ciri-ciri fisik pelanggan melalui menu di fasilitas add extra guidance*.
  4. Bisa memantau kondisi lalu lintas/Traffic condition.  Dengan mengklik menu ini kita bisa melihat rute jalan mana saja yang sedang padat atau macet. Juga bisa mengarahkan driver pada jalan-jalan yang bebas macet lainnya. Solusi pintar menghindari gangguan macet dan banjir.
  5. Keamanan/Security. Tidak perlu khawatir masalah keamanan, karena ketika nanti memesan taksi akan tercantum nomor pintunya misal N1234. Setelah taksi datang kita bisa periksa apakah nomor taksi tersebut sama dengan yang tertera pada pesanan atau tidak.
  6. Hubungi pengemudi/Call driver.  Jika ada informasi yang perlu disampaikan pada driver, maka bisa menggunakan fungsi menu ini. 
Bluebirdgroup.com
Bluebird.com

Cara dapat aplikasinya gimana???
Pertama, download aplikasi Blue Bird Taxi Mobile Reservation di smartphone kalian.
Kedua, ikuti prosedur administrasi ketik nama, alamat dan nomor telepon. Tunggu sms verifikasi ke no telepon kita.  Kemudian masukkan nomor tersebut pada aplikasi.
Aplikasi siap digunakan.

Sebagai contoh, saya beri gambaran jika mengunduh melalui App Store.
1. Ketik 'Bluebird' pada kolom 'search' lalu unduh (install) aplikasi Blue Bird Group Taxi Mobile Reservation.
2. Buka aplikasi lalu masukkan alamat dan nomor telepon pada menu 'New address'
3. Isi informasi selengkap mungkin.  Pada kolom 'Designated passenger name' kita bisa memesankan taksi atas nama kita sendiri atau bisa juga untuk orang lain, tinggal ketik namanya saja. Lalu alamat atau lokasi penjemputan, nomor rumah, dan bila perlu berikan informasi tambahan seperti warna baju atau ciri lain pada kolom 'Extra Guidance'
4. Setelah selesai pelanggan silakan memilih jenis taksi yang akan digunakan ada regular taxi, executive, dsb. Pilihan standar adalah 'Regular Taxi.'
5. Proses telah selesai dan tinggal pilih menu 'Order.' Selanjutnya tunggu balasan dari taksi terdekat.


Step by step 
Aplikasi Taxi Mobile Reservation pada iOS



Gimana, mudah kan? Kini pesan Taksi Blue Bird hanya ada dalam genggaman kita.  FYI, selain dalam versi aplikasi mobile, Taxi Mobile Reservation juga tersedia dalam layanan desktopYes, Blue Bird Taxi Mobile Reservation, It's so... Easy.



2 komentar:

  1. Mantap!
    Semangat bngt ya, Ghi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus semangat terus Mbak Frida.. Thanks for your support ;)

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Teman-teman :)