Rabu, 13 Maret 2019

Tips Playdate Seru di Rumah

Hello Happy Readers

Sepertinya orangtua jaman sekarang sering mengantar anak-anak mereka 'Playdate'.   Istilah 'Playdate' berasal dari bahasa Inggris yang berarti berkumpul di suatu tempat untuk bermain bersama teman-teman. Kegiatan ini bisa dilakukan minimal dua orang anak atau bahkan lebih. 

Bagi anak-anak kegiatan bermain bersama teman-teman merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu.  Tingkat keseruan bisa berkali lipat dibandingkan bermain sendirian. Jadi jangan heran kalau ada anak yang hobinya Playdate setiap minggu. Seru sih!


Playdate Seru sama Teman-teman

Meski terdengar seperti hanya bermain-main bersama teman namun sebenarnya Playdate memiliki banyak manfaat. Selain bisa menjadi hiburan menyenangkan dan mempererat tali persahabatan, ada beberapa manfaat lain seperti di bawah ini: 

Beberapa Manfaat Playdate dilakukan bersama anak-anak diantaranya
  • Melatih keterampilan sosialisasi anak sejak dini
  • Anak bisa belajar memahami perbedaan karakter teman satu dengan lainnya
  • Belajar sambil bermain
  • Melatih kerjasama antar anak 
  • Mengasah kecerdasan interpersonal
  • Mengembangkan rasa empati, contohnya saat berbagi mainan dengan teman



Salah satu manfaat Playdate melatih kerjasama antar anak


Banyak tempat yang bisa digunakan untuk Playdate seperti mall, taman, atau yang jadi tempat favorit saya yaitu di rumah sendiri. Playdate di rumah jadi tempat favorit saya karena memiliki beberapa keuntungan misalnya mudah dalam segi pengawasan, waktu lebih leluasa dan tentu saja suasana yang lebih akrab (homey). 

Berdasarkan pengalaman beberapa kali mengadakan Playdate di rumah, saya ingin berbagi tips. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya acara Playdate-nya berkesan. Saya membagi dua tahap yaitu saat persiapan dan hari H. Apa saja itu yuk simak di bawah ini:

Tahap Persiapan 

  • Membuat Whatsapp Group (WAG)

Yang paling pertama yaitu membuat grup khusus playdate. Undang orangtua yang anaknya mau diajak main bersama. Sebagai tuan rumah kita perlu intens berkomunikasi dengan orangtua terkait info seputar playdate nanti. Hal-hal yang perlu dikomunikasikan seperti alamat rumah, siapa saja yang ikut bermain, jenis kegiatan atau aktivitas bermain, jam bermain dan menu makan anak. 

  • Tentukan hari dan jam yang tepat

Pilih hari dan jam yang sesuai kesepakatan dan sesuaikan dengan waktu bermain anak. Biasanya di akhir pekan bisa sebelum makan siang atau sore hari. Waktu yang dihabiskan anak bermain biasanya 2-5 jam. Antara waktu tersebut diusahakan jangan terlalu lama tapi juga jangan terlau sebentar.

  • Siapkan menu makan anak-anak

Tidak ada aturan baku tuan rumah yang harus menyediakan makanan namun sebaiknya tuan rumah membahas bersama para peserta playdate. Semuanya tergantung kesepakatan, bisa potluck, masing-masing atau tuan rumah yang menjamu. Tanyakan juga pada orang tua tentang  apa saja jenis makanan yang anak-anak boleh makan, atau apakah ada riwayat alergi atau tidak.

  • Menyusun acara bermain di rumah

Supaya playdate-nya sukses sebaiknya tuan rumah punya tema kegiatan yang akan dimainkan. Malah, kalau menyiapkan tema 'khusus' akan lebih seru lagi. Contohnya seperti:
    • Bermain bajak laut: Anak-anak diminta mencari harta karun melalui sebuah peta. Harta karun tersebut disembunyikan di beberapa tempat. 
    • Tema bioskop, nonton film bareng: Pilih film yang seru ditonton bersama, sediakan camilan dan nonton bersama-sama.  Sediakan film lucu yang bisa mengundang tawa seperti: Hotel Transylvania 2
    • Bermain kemah-kemahan: Tidak hanya di dalam rumah, bermain di halaman oke juga lho. Seperti main kemah-kemahan di halaman rumah akan jadi pengalaman tak terlupakan buat anak.

Alternatif tema bisa dicari melalui internet, Pinterest, atau dari ide anak-anak sendiri. Kalau perlu perlengkapan pendukung tema bisa cari di Tokopedia. Peralatannya cukup lengkap dan kebetulan selama bulan Maret ini sedang ada promo Maret Mantap. Ada cashback sampai dengan 1 juta, free ongkir 5 kali, dan Tap Tap Mantap. Sayang kalau sampai terlewat, lho.

Happy Playdate!


Next, setelah mempersiapkan rencana Playdate seperti tahapan tadi di atas, kemudian bersiap-siaplah untuk hari yang ditunggu-ditunggu. Ada beberapa hal yang penting dilakukan agar jalannya acara sesuai dengan yang kita harapkan dan sukses. Ini dia diantaranya:


Hari H Playdate

1.   Sambut anak-anak 
Mulailah playdate dengan menyambut anak-anak sambil tersenyum. Hal itu akan mengawali hari mereka lebih seru. Ajak anak kita ikut serta bergabung menyambut teman mereka. 

2.   Buat aturan playdate do’s and don’t
Hal ini sangat penting diterangkan ke anak, mengenai peraturan di rumah. Dengan mengkomunikasikan aturan di rumah akan lebih mudah mengendalikan anak serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Peraturan itu misalnya jangan berantem, bermain bersama-sama, berbagi mainan, dan bilang pada si tuan rumah (om atau tante) kalau mau sesuatu.

3.  Kenalkan area dalam rumah, seperti dapur dan kamar mandi
Agar anak tidak bingung kalau ada keperluan seperti ke kamar mandi atau mencuci tangan, sebaiknya di awal kita sudah menjelaskan tempat penting di rumah.

4.   Ingatkan waktu makan siang dan pulang
Jangan lupa kita ingatkan anak-anak saat anak harus makan siang dan waktu pulang. 

5.   Antarkan anak-anak lalu ajak saling berpamitan
Saatnya pulang anak ajak berpamitan, bila perlu ajak saling bermaafan  misalnya selama bermain terjadi salah paham. 

Bermain bersama sangat menyenangkan, lho!

Nah, gimana udah kebayang belum nanti Playdate-nya akan seperti apa? Oh iya sedikit tambahan supaya anak-anak nggak mati gaya misalnya kehabisan ide bermain kita bisa menyiapkan beberapa permainan yang ada di rumah. 

Berikut ini contoh permainan seru untuk anak-anak:
- Permainan ular tangga
- Boneka barbie
- Lego
- UNO
- Monopoli
- Permainan tradisional; petak umpet, cublak suweng, dsb.



Main monopoli bisa jadi alternatif permainan

Biasanya saya suka iseng mengumpulkan mainan anak dari Tokopedia juga. Ular tangga, monopoli, dan aneka permainan anak lain lengkap di sana. Masih promo selama Bulan Maret ada Tap Tap Mantap kita bisa tap tap dapatkan Toko Points yang bisa ditukarkan dengan berbagai kupon cashback atau gratis ongkir, dapatkan 100 produk menarik hanya dengan 100 rupiah, dan ada grand prize mingguan juga. Total hadiahnya sampai 15 miliar rupiah, mantap kan?! Yuk jangan sampai terlewat promonya.

Sudah punya gambaran kira-kira ide rencana Playdate nanti akan seperti apa? Semoga tips saya kali ini cukup membantu berikan gambaran keseruan playdate si kecil bersama teman-temannya, ya. Bila punya cerita seru atau tips lainnya boleh tulis di kolom komentar. Saya tunggu ceritanya, 
Have a happy Playdate!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Teman-teman :)