Rabu, 08 April 2020

Ide Kegiatan Ramadhan dari Rumah




Halo Happy Readers, 

Tak terasa kehadiran bulan suci Ramadhan tinggal menunggu hari. Tentu bulan ini sangat dirindukan karena kehadirannya membawa berkah, rahmat serta ampunan. Ramadhan di tahun 2020 akan sangat berbeda dari biasanya. Sebab kita masih berada dalam suasana karantina global menghadapi Covid-19. 

Ramadhan yang akan kita hadapi nanti akan punya cerita tersendiri. Paling terasa aktivitas tidak bisa bebas seperti biasanya seperti tarawih ke masjid, tradisi ngabuburit,  buka puasa bersama, berbagi takjil dan lain-lain. Sehingga Ramadhan kali ini kita alami dengan berbagai keterbatasan. Namun semoga kita bisa melalui masa-masa Ramadhan di tengah pandemi dengan lancar. Aamiin Ya Robbal Alamiin...

Buat saya tantangan puasa nanti yaitu menyiapkan aktivitas-aktivitas bertema puasa selama di rumah saja. Mengingat kakak dan adik termasuk anak yang gampang bosan jadi saya putar otak supaya puasa mereka bisa tetap seru. Mau tahu ide apa saja, tetap di postingan ini yaa..



Nah, setelah cari-cari ilham akhirnya saya mendapatkan beberapa ide kegiatan bertema Ramadhan yang bisa dilakukan bersama buah hati di rumah. Cukup mudah membuatnya serta alat-alat yang diperlukan tergolong sederhana. 

Beberapa ide mengisi kegiatan Ramadhan di rumah, diantaranya:

1. Membuat diorama tentang ciptaan Allah Swt
Salah satu pelajaran tauhid bagi anak-anak adalah tentang kebesaran Allah Swt melalui ciptaan-Nya. Kita bisa memilih satu buah tema misalnya tentang keindahan hewan laut. Kemudian ajak anak membuat aneka jenis hewan maupun biota yang ada di laut.

Alat dan Bahan yang diperlukan:
Kardus bekas sepatu atau mie instan, kertas karton, gunting krayon, lem, tali, selotip.

Cara membuat:
- Gambarlah aneka biota laut seperti kura-kura, kuda laut, penyu, ikan, ganggang, di kertas karton kemudian warnai dengan krayon.
- beri tali kemudian tempel dengan selotip
- gantungkan di bagian atas dus dengan diberi jarak
- diorama bawah laut telah selesai

Cara bermain:
Minta anak mempresentasikan apa yang telah dia buat dan giring anak untuk mengagumi Sang Pencipta melalui keindahan ciptaan-Nya.





2. Bermain panggung boneka tentang kisah nabi

Untuk mengenalkan anak-anak pada cerita nabi, kali ini bisa dilakukan dengan membuat panggung boneka sederhana. Walau sederhana namun akan memberikan kesan bagi anak.

Alat dan bahan yang diperlukan:
kertas karton tebal, krayon, stik es krim serta dus bekas untuk panggungnya.

Cara membuat:
Ajak anak membuat tokoh-tokoh pada cerita nabi, misalnya tokoh pada kisah nabi Sulaiman. Ada semut, jin, nabi Sulaiman, serta ratu Balqis. Kemudian warnai dengan krayon. Setelah selesai tempel dengan stik eskrim. 

Cara bermain:
Gunakan dus bekas sebagai panggung, kemudian mulailah bercerita tentang kisah nabi Sulaiman dengan memainkan tokoh-tokoh yang telah dibuat bersama dengan anak tadi.





3. Bermain puzzle sambung ayat
Seperti membuat quiz sederhana, anak-anak akan mengurutkan potongan-potongan ayat dan merangkainya jadi sebuah kalimat dalam ayat al-qur'an

Alat dan bahan yang diperlukan:
Kertas dan spidol untuk menulis ayat

Cara membuat:
Tuliskan potongan-potongan kata dalam suatu surat, misalnya surat Al-Qadr dalam beberapa bagian kertas. Satu potongan kertas bisa terdiri dari dua atau tiga kata. 

Cara bermain: 
Sama dengan bermain puzzle, anak diminta menyusun potongan-potongan puzzle sampai membentuk sebuah ayat dengan benar. Bisa dilombakan yang berhasil paling cepat menyusun ayat dialah yang jadi juara.







4. Menyiapkan menu berbuka puasa
Menyiapkan menu buka puasa bersama dengan anak pasti nggak kalah seru. Biasanya anak-anak punya menu favorit masing-masing. Atau bila memang nggak ada ide bisa browsing menu buka puasa untuk dicoba.

Mulai menyiapkan bahan dan alat, meminta anak-anak memotong bahan makanan, dan lain sebagainya. Selain menjalin kedekatan, menyiapkan makanan untuk berbuka bersama-sama juga melatih kesabaran anak.




Nah, kalau ide di atas tadi sudah dilaksanakan tapi anak masih bosan, biasanya saya suka ajak mereka melukis wajah. Pasti mereka nggak akan nolak deh, hehehe.

Buat saya pribadi, selain mencari ide aktivitas seru Ramadhan nggak kalah penting adalah menjaga kesehatan keluarga. Hal ini dikarenakan agar kita terhindar dari virus pada saat masa pandemi belum berakhir.

Selain tetap bergerak dan berolahraga, juga menghindari faktor pemicu stress tak lupa menjaga asupan terbaik untuk tubuh juga penting.  

Seperti misalnya madu dan kurma jadi menu wajib keluarga kami di bulan puasa supaya mendukung badan tetap sehat dan fit. Dalam madu terkandung banyak manfaat seperti antioksidan, vitamin C, yang bermanfaat menjaga imunitas tubuh. 

Sementara kurma mengandung zat-zat baik yang bisa memberikan energi dengan cepat pada tubuh setelah seharian berpuasa penuh. Memakan kurma di saat sahur dan berbuka sangat disarankan agar tubuh lebih bertenaga.

Dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan serta didukung tubuh yang fit, insyaAllah Ramadhan akan lancar walau sedang karantina di rumah.

Kira-kira itulah rencana menyambut bulan Ramadhan saya dan keluarga. Semoga bisa menginspirasi mengisi kegiatan di rumah, ya. Bagaimana dengan Teman-teman sudah punya aktivitas Ramadhan juga? Berbagi di kolom komentar, Yuk!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Teman-teman :)