Senin, 07 September 2015

Review Buku: The Enneagram of Parenting


"Satu kesalahan orangtua terbesar adalah 
memandang hanya ada satu cara mengasuh yang benar" 

- Elizabeth Wagele


    Kutipan dari buku Enneagram of Parenting tersebut menarik perhatian saya. Rasanya kalimat tadi bisa menjelaskan mengapa orangtua sering berkonflik dengan anak-anak mereka. Mungkin kita pernah mengalaminya sebagai orangtua punya gaya pengasuhan yang menurut kita 'benar'. Kitalah (orangtua) paling benar, dan anak harus mengikuti apa kata kita. 

    Coba sekarang dibalik, bayangkan jika kita ada di sisi si anak yang dipaksa menuruti keinginan orangtua?  Bisa jadi kita akan keberatan dan menolak, sebab kita pun memiliki 'gaya' sendiri. 


    Menurut penulis buku Enneagram of Parenting, orangtua telah melakukan kesalahan dengan memandang hanya ada satu cara pengasuhan yang 'benar' menurut mereka. Padahal jika ditinjau dari teori kepribadian, setiap individu memiliki gaya kepribadian yang berbeda-beda. 

    Untuk itu buku Enneagram of Parenting hadir sebagai buku yang menjelaskan tipe-tipe kepribadian berdasarkan teori Enneagram.  Di dalamnya ada penjelasan tentang sembilan tipe kepribadian anak dan bagaimana cara melakukan pendekatan terhadap tipe kepribadian yang berbeda tersebut. 

    Harapan penulis melalui buku ini dapat membuka pemahaman juga penerimaan orangtua dan para guru terhadap anak-anak. Dengan begitu, orangtua akan lebih mudah mencetak sukses dalam pengasuhan anak sesuai gayanya masing-masing. Selain itu, buku ini adalah panduan praktis bagaimana memahami anak dan membesarkan mereka dengan cara yang lebih kreatif dan efektif. 

    Penulisnya adalah Elizabeth Wagele, seorang seniman berkebangsaan Amerika yang multitalenta diantaranya sebagai kartunis profesional, musikus dan juga penulis. Sementara dalam dunia kepenulisan, Wagele adalah seorang penulis buku best seller The Enneagram Made Easy pada tahun 1994 berkolaborasi dengan Renee Baron dan telah diterjemahkan ke dalam 17 bahasa. 

    Termasuk di Indonesia karya Wagele yang berjudul 'Eneagram: Mengenal Tipe Kepribadian dengan Cara Asyik' telah terbit pada tahun 2005 dan menjadi buku best seller. Kemudian menyusul karya-karyanya yang lain, lalu yang terbaru Enneagram of Parenting terbit pada tahun 2015.

     Setelah baca buku Enneagram of Parenting, saya rasa ini adalah sebuah bacaan parenting yang ringan, seru, menarik, cerdas, dan mencerahkan. Buku ini juga dilengkapi ilustrasi bergaya kartun unik karya Wagele tentang penjelasan tipe-tipe kepribadian. Buku yang ketika dibaca tidak akan membosankan apalagi merasa digurui.

Sekilas Teori Eneagram
    Istilah Enneagram menurut Wikipedia berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari dua kata yaitu Ennea (sembilan) dan Gram (sesuatu yang digambar). Jadi Enneagram berarti sembilan titik/poin yang digambar. Meskipun asal usulnya masih diperdebatkan, namun penggunaan teori ini cukup terkenal di kalangan psikologi populer dan kini Eneagram sangat erat kaitannya dengan ilmu kepribadian (The Enneagram of Personality).

    Tipe kepribadian Eneagram sifatnya dinamis terutama pada masa kanak-kanak, artinya bisa berubah seiring perkembangan mereka menuju kedewasaan. 

    Sebelum mengupas lebih lanjut, berikut ini adalah sedikit penjelasan pada halaman 5 tentang teori Eneagram.
Teori Eneagram

Kesembilan tipe kepribadian dasar Eneagram yaitu:
1. Perfeksionis
2. Penolong
3. Pengejar prestasi
4. Romantis
5. Pengamat
6. Pencemas
7. Petualang
8. Pejuang
9. Pendamai
Tipe kepribadian tersebut masing-masing memiliki nomor dari angka 1 sampai 9 dan membentuk pola bintang sepeti di atas.

    Ada dua istilah penting dalam kepribadian Eneagram, yaitu 'sayap' dan 'panah'.  Sayap adalah angka di kanan dan kiri kepribadian kita sementara panah adalah dua garis yang menghubungkan kepribadian kita dengan dua angka kepribadian lain. 

    Contoh: kepribadian kita adalah nomor 1 (perfeksionis) maka sayapnya adalah angka 9 (pendamai) dan 2 (penolong), lalu panah adalah angka 7 (petualang) dan 4 (romantis).

    Sayap dan panah adalah kepribadian bayangan, maksudnya adalah seorang perfeksionis bisa jadi tampak sebagai pendamai, penolong, petualang atau bahkan romantis. Kepribadian ini muncul sesuai dengan angka-angka di panah dan sayapnya.

    Untuk itu, kita tidak bisa menebak tipe kepribadian seseorang sebab bisa jadi dia sedang 'menyamar' jadi kepribadian bayangannya. Sedangkan cara mengetahui kepribadian kita sendiri yaitu dengan menjawab quiz kepribadian yang ada di buku ini.

Berikut ini contoh gambaran 9 tipe kepribadian pada embrio.

Sumber: dok pribadi.

    Baik orangtua maupun anak memiliki tipe kepribadiannya sendiri. Misal orangtua memiliki kepribadian perfeksionis lalu punya anak yang bertipe pengamat. Potensi konflik yang akan terjadi adalah jika orangtua tidak memahami kepribadian si pengamat yang senang berada di balik layar dan mengamati.
     
    Alih-alih orangtua tipe perfeksionis tetap memaksakan kehendaknya memaksa anaknya tampil di depan panggung, lebih baik memberikan kesempatan si anak menjadi penulis naskah (di belakang layar) sesuai dengan tipe kepribadiannya. Hal ini dapat membantu si anak lebih dipahami dan tidak merasa dipaksa sesuatu hal yang bukan dirinya.


Kesimpulan

  • Buku ini menurut saya asyik dan praktis untuk belajar dan memahami tipe kepribadian Eneagram
  • Dilengkapi dengan quiz mengenali 9 ciri kepribadian dan kartun penjelasan kepribadian tersebut
  • Bahasa terjemahan lumayan mudah dicerna
  • Ada bab yang membahas 20 masalah dan solusi umum seputar permasalahan anak seperti mengompol, pertemanan, pendidikan, dan lain-lain
  • Cukup membantu saya melakukan pendekatan ke anak yang ternyata harus lebih banyak mengalah. Karena si anak yang tipe pejuang, sementara saya tipe pendamai. (secara umum tipe pejuang itu keras kepala)
  • Saya beri nilai keseluruhan buku Enneagram of Parenting 4.5/5


Identitas Buku
Judul: Enneagram of Parenting
(Judul Asli Enneagram of Parenting, Penerbit Harper San Fransisco, 1997)
Penulis: Elizabeth Wagele
Penerjemah: Leinovar Bahfein
Terbit: Mei 2015
Penerbit: PT Serambi Ilmu Semesta (Anggota IKAPI)
ISBN: 978-602-290041-2
Tebal buku: 190 hal
Harga: Rp 39.000,00 (Gramedia)

8 komentar:

  1. kok bagus ya kayaknya bukunya..sepertinya perlu beli *catet

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup mba echa, buku bagus buat nambah2 ilmu parenting^^

      Hapus
  2. Iyaaa, ulasan mak Ghina juga menarik bingits

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. maacih mba Nurul.. *lompat ke udara tangkap hidung* makasih dah mampir ya...

      Hapus
  3. di gramedia masih dijual gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih, ini termasuk buku yang baru terbit mba..

      Hapus
  4. Mak, aku juga punya buku ini tapi belum dibaca sampai habis, hehehe. Masih ngerasa bahasanya terjemahan banget jadi orang begitu mengalir dan kurang jelas menurutku. Menurutku doank yaa, masalah selera saja :)
    Aniway, bagus karena ada panduan juga gimana menghadapi anak berkarakter yang mana ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama ama suamiku nih pendapatnya tentang terjemahan buku eneagram ini. hmm, untung ketolong sama karikaturnya sih..

      iya bener, ada panduannya ini nilai plus menurutku juga mak.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Teman-teman :)