Rabu, 13 November 2013

Menteng Park Bintaro: Tempat Olahraga Favorit Mameh.

   Berolahraga merupakan salah satu cara menjaga kebugaran tubuh kita selain makan makanan bergizi. Dengan melakukan olahraga, tumpukan lemak dan kalori berlebih di tubuh akan terbakar sehingga tubuh menjadi lebih sehat.  Sebetulnya banyak cara menyiasati olahraga di tengah kesibukan kita asalkan konsisten.  Misalnya jalan kaki selama 15 menit setiap hari, main badminton seminggu sekali, jogging, lompat tali, dsb.

   Sehabis melahirkan dua tahun lalu saya malas bergerak yang menguras banyak keringat apalagi olahraga.  Hampir ngga pernah.  Buat saya mengasuh Sera saja sudah seperti olahraga angkat beban.  Lalu saya menyadari pentingnya olahraga lagi setelah tubuh ini gampang sekali capek dan sering ngantuk pada waktu siang hari.  Kadang menunaikan tugas utama ngasuh Sera malah kewalahan.  Menyadari kelemahan tubuh ini, saya bertekad mulai sekarang mau rutin olahraga, demi tubuh yang fit dan segar bugar. Katanya lagi, rajin olahraga bisa bikin awet muda.  Wow mau dong!

Setelah dua tahun vakum olahraga, akhirnya saya mulai coba-coba jogging di Menteng Park Bintaro Jaya.  Lokasinya di sektor 7 dekat dengan Lotte Mart dan CIMB Niaga.  Tamannya tidak terlalu luas, di samping taman tersebut ada aliran sungai dan persis berseberangan dengan rumah makan Bebek Kaleyo.  Untuk melewatinya kita bisa masuk dari dua jalan alternatif, pertama lewat jalan depan rumah makan Bebek Kaleyo lalu menyebrangi jembatan atau masuk lewat jalan utama sektor 7.  

   Menteng Park merupakan ruang terbuka hijau yang dibuat oleh pengembang Bintaro Jaya bagi warga Bintaro dan sekitarnya.  Fasilitas disini cukup banyak seperti jogging track, arena bermain panjat-panjat, perosotan, ayunan, jalur bebatuan untuk refleksi kaki, dan disediakan tempat duduk beraneka bentuk.   Di Menteng Park juga kita bisa belajar beragam jenis pepohonan melalui papan nama di bawah pohon tersebut.  Hari Sabtu dan Minggu Menteng Park ramai dikunjungi masyarakat baik itu tua dan muda.  Mereka rata-rata melakukan kegiatan olahraga lari, jogging, badminton, jalan kaki, main ayunan, dan ada yang tampak duduk-duduk menikmati pemandangan.  Saya juga lihat beberapa pasangan muda yang sedang mentatah anak mereka belajar jalan.  Itulah diantaranya alasan saya kenapa Menteng Park jadi tempat favorit buat olahraga.

   Kongkow di Menteng Park juga mengasyikkan.  Setelah lelah berolahraga, kita bisa duduk di dekat sungai sambil memandang aliran sungai yang tenang.  Semilir angin berembus sepoi-sepoi, teriakan anak-anak kecil yang bermain riang gembira.  Memandang orang lalu lalang tiada henti apalagi nyambi cemilan ringan.  Rileks didapat, bahkan bisa bikin ngantuk.

   Namun dibalik semua fasilitas tersebut ada satu nih kekurangan di Menteng Park yaitu minim tempat sampah.  Sejauh mata saya memandang, tidak nampak tempat sampah di area ini.  Hmm, kok bisa begitu ya? Saya sempat kaget waktu pertama kali kesini melihat sampah bertebaran di segala penjuru taman.  Botol minuman plastik, kertas nasi bungkus, plastik bening, keresek, dan sampah lainnya.  Suasana taman yang tadinya asri berubah kotor, sampah berserakan, dan tidak sedap dipandang mata.  

   Syukurlah, beberapa minggu kemudian saya ke Menteng Park lebih bersih karena ternyata sudah ada beberapa ibu dan bapak berseragam petugas kebersihan taman dengan sigap membersihkan dedaunan kering serta sampah disana. Senangnya sekarang sudah ada penjaga dan pengawas kebersihan Menteng Park.  

   Taman kota merupakan aset kita bersama, sudah seharusnya kita pengunjung taman senantiasa menjaga kebersihannya. Mulai dari yang terkecil, memastikan makanan dan minuman yang kita bawa dibuang ke tempat sampah. Kalau taman kita bersih, yang menikmatinya kan kita juga.  Saya yakin pengunjung Blog Mameh Sera pasti penjaga dan pecinta kebersihan taman kota kan?! (Maksa deh.. Hehe.. )

Menteng Park dari arah Rumah Makan Bebek Kaleyo.

Bersantai ria menikmati pemandangan taman.






Hiiy, ada penampakan. 

Sera betah main ayunan.

Refleksi kaki dulu di jalur ini.

Injak-injak batunya.

Salah seorang dibalik kebersihan Menteng Park.

Tanaman apakah ini? Temukan jawabannya di papan bawah pohon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Teman-teman :)