Jumat, 21 Desember 2012

Maafin Mameh ya Sayaang ;')

Huwwaawww... Badan rasanya pegel linu, dari ujung jari kaki, pinggang, punggung, tangan, leher...  Efek kurang tidur tampaknya.  Masih tentang Sera yang batuk pilek, setiap malam saya jadi ikutan begadang karena tidurnya Sera gelisah dan rewel.  Lagi bobo, dikit-dikit "Eeeee..." nenenin, bobo lagi, "Eeeee..." mata masih kriyep-kriyep, bangun lagi nenenin lagi, dst dst.  Bebeh disebelah kalau malam bangun beberapa kali kalau Sera lagi rewel, tapi matanya ga kuasa nahan kantuk ya merem lagi.  Apalagi waktu Sera lagi demam, hampir ngga bisa tidur samasekali karena ngawasin Sera, ngecek suhunya pakai termometer berkali-kali.  Kompres dahinya Sera pake air dingin yang udah disiapin Bebeh sebelum tidur.  Perjuangan menahan kantuk yang lumayan bikin teler siang hari nya.

Hari ini, si Mameh bangun dengan kaki berat plus kaku.  Kalau keseringan gendong Sera suka begini memang, the show must go on, anyway.  Saatnya siapin sarapan dan Sera udah ngajak main pula.  Bikin kornet sapi, sarapan, Sera mulai bikin bingung karena sedikit makan roti plus lepeh-lepeh.  Padahal udah pake keju.  Yasudah, bikin pancake aja.  Bebeh pergi ngantor, Sera berkeliling main dan si Om kerja depan komputer.  Saya mulai siap-siap bikin adonan pancake.  Tiba-tiba Sera jalan ngedeketin, merengek, minta gendong, padahal disitu ada Om.  Akhirnya saya gendong Sera sambil ngadon bahan pancake, tanpa mixer dong. Pinggang makin berat aja, tapi Sera anteng.  Makin sini Sera makin membingungkan, pancake udah jadi, makannya dikit udah dilepeh-lepeh.  Masih untung sih, tadi waktu sarapan sempet masuk putih telur dan beberepa butir beras merah.  Cuma putih telur yang berhasil masuk mulut tanpa dilepeh.  Udah 4 hari makannya putih telur melulu soalnya.  Hhh.

Hari semakin siang, Sera menunjukkan tanda-tanda pup ditambah rewel pengen ke Mamehnya terus.  Dicebokin, eh malah main air di ember alhasil bajunya basah semua.  Tambah panik setelah kepala Sera kena cipratan air keran dan basah sebagian.  Dia kedinginan.  Buru-buru bikin air anget, terus mandiin Sera plus keramasin rambutnya yang udah acem.  Itu pinggang ke bawah, udah pegeell banget.  Ayo, masih bisa berjuang, sebentar lagi jadwal  Sera tidur siang. Berusaha menghibur diri. Akhirnya mandiin udah, Sera ganti baju.  Mulai rewel lagi, gajelas maunya apa.  Nenenin, eh dia lepeh-lepeh sambil merengek-rengek. Semakin bingung plus capee rasanya.  Sampai Sera rewel, merengek makin kenceng, nangis.  Tarik napaasss, si Mameh juga udah ga tahan rasanya pengen meledak aja.  "Sayang, bobo ya, Mameh cape!" langsung, udah ngomong gitu, Sera sambil nenen lama kelamaan makin tenang dan tertidur.  Udah ga bisa mikir lagi, rasanya semua badan pengen dipijit ditarik-tarik saking lemesnya.  Kaya yang ngerti, Sera langsung nurut, tidur. Ngerasa bersalah juga, bilang ketus plus ngeluh ke Sera dalam kondisi dia rewel. Maafin Mameh ya Sayang, tapi saat itu kita sama-sama butuh istirahat supaya bisa main lagi.
**
Menjelang hari ibu, saya masih belum bisa jadi ibu yang baik.  Masih harus belajar sabar lagi, lebih bijaksana, melindungi anak, tegar dan ikhlas lagi menjalani peran sebagai ibu.  Saya masih kalah sama rasa cape yang mendera, egois ingin tidur siang dan menikmati waktu sendiri.  Kangen memanjakan diri tanpa diikuti tangisan juga rengekan anak kecil.  Tapi, saya sadar kebersamaan dengan anak merupakan kebahagiaan yang tak ternilai harganya.  Memiliki anak itu satu kenikmatan yang tidak akan pernah bisa tergantikan dengan apapun.  Jika Tuhan hendak mengambil anak itu sebab si orangtua yang sering mengeluh karenanya, pastilah tidak akan rela.  
Mengasuh, mendidik, memelihara.. Hey, ini kan jihadnya kaum ibu?!! Masa lupa sih, seharusnya saya selalu ingat ini sebab pahala mengalir deras melalui tetesan keringat sebanding dengan jihadnya pria di medan peperangan.  InsyaAllah syurga menanti bagi mereka yang ikhlas.  Semoga Allah mengampuni kekurangan dan kelemahan saya dalam mengasuh amanah-Nya.  Perjalanan masih panjang, optimis esok akan lebih baik dari hari ini. 
Selamat hari Ibu.


Tulisan ini dibuat saat saya menenangkan diri sejenak dan titip Sera ke Om nya.  Berkali-kali Sera gedor pintu minta masuk tapi saya diemin dulu.  Baru setelah terdengar suara tangisan karena jatuh di karpet pas main, saya keluar gendong Sera.  Tapi kali ini saya jadi merasa lebih kuat, plong, setelah nulis di Diary Mameh Sera. Katarsis emosi ceritanya lewat tulisan.  By the way, Sera masih rewel saat ini. Jadi saya pangku Sera sambil jari tangan kanan ketik keyboard. Hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Teman-teman :)