Minggu, 28 Juni 2015

[DIY] Charger Box, Tips Merapikan Kabel Charger Murah dan Mudah

Hello Happy Readers,

Makin banyak gadget di rumah, pasti semakin banyak juga tuh kabel-kabel bertebaran. Pas batre hampir habis, saya sering bingung cari dimana. Kadang di kamar, ruang tv, tas, atau kolong kursi.  Banyak kabel di mana-mana, bikin pusing.  Apalagi kalau panjang, kriwel-kriwel nggak jelas, mau benerin rasanya males banget.  Kalau udah gini sih biasanya saya tumpuk semua di satu tempat. Bruk!

Kabel charger hp, power bank, sampai makanan ikan jadi satu.

Tapi, masalah baru muncul! Kabelnya saling nyangkut. Walaupun terlahir sebagai orang yang kurang organize, alias ga bisa rapih tetep aja pengen usaha mengubah nasib.  Bahasa kerennya termotivasi ngulik gimana caranya supaya si kabel kusut bisa enak dipandang.  Lalu terpikirlah satu ide merapikan kabel mudah murah ala Mameh Ghina. Buat Teman-teman yang pernah mengalami masalah begini, tenang, kini ada sebuah inovasi baru tiada bandingannya (kemudian dilempar kursi). Tarra...





Caranya hmm, mudah banget, ga bakal kasih tips kalau nggak mudah. Saya bagi jadi beberapa tahap seperti di bawah ini.

Tahap 1
Kumpulkan bahan, yaitu karton tebal, gunting, dan lem. Kartonnya bisa dari dusnya bekas minuman air mineral, atau dus apa saja yang cukup panjang.  Fungsinya sebagai partisi (divider). Disini saya jaga-jaga sedia selotip, tapi ternyata nggak terpakai.



Tahap 2
Siapkan kotak bekas apapun yang menurut kita ideal buat simpan charger.  Saya pilih kotak sepatu seperti di bawah ini soalnya bahannya lumayan kokoh dan gambar luarnya menarik.

Tahap 3
Ukur tinggi, panjang dan lebar kotak sepatu. Lakukan dengan presisi pakai penggaris (ya iya lah masa pakai tangga). Kotak saya ukurannya 28 cm x 15 cm x 10 cm.



Tahap 4
Buat beberapa partisi, terdiri dari satu memanjang dan dua melebar dibuat pada karton bekas. Ukurannya mengacu pada panjang dan tinggi kotak sepatu. Jangan lupa lebihkan kira-kira 2 cm untuk diberi lem.  

Setelah itu, ini bagian paling rumit.  Membagi panjang partisi jadi tiga bagian sama panjang. Kalau saya alirannya suka-suka, jadi saya bagi ada yang 8 cm, 10 cm dan 8 cm lagi. Soalnya ada charger yang ukurannya besar, jadi saya sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk lebarnya sama, 7,5 cm x 7,5 cm.

Cara masukkan partisinya adalah setelah ditandai, masing-masing partisi (panjang dan lebar) digunting setengah bagian. Lalu gunting lagi berjarak sekitar 2 mm dari guntingan pertama. Tujuannya supaya bisa disatukan saling menyilang kaya bentuk +. Saya agak bingung nulis instruksi yang ini, lebih mudah praktek. Gampangnya bisa lihat gambar di bawah ini, mudah-mudahan bisa kebayang.

Gunting partisinya.
 Kalau sudah jadi, partisinya seperti di bawah ini.



Tahap 6
Lem semua ujung-ujung partisi pada kotak sepatu dan biarkan sampai mengering. Kurang lebih satu jam, setelah semuanya kering dan kuat baru bisa kita pakai.



Akhirnya, kabel-kabel nggak jelas itu punya rumah juga. Selain lebih enak dipandang, lumayan lah ramah di kantong...



Pas masukin ke kotaknya kabel-kabel harus digulung dulu atau diikat. Mau lebih keren lagi, boleh dilapisi sama kertas kado warna-warni makin oke tuh. 

Iseng googling cari DIY lain, eh taunya ada versi yang lebih keren dan super rapih ada di sini. Aaahh, nggak jadi deh pertamax nya. Moga tips ini bisa membantu dan selamat berkreasi... Sampai ketemu di DIY berikutnya yaa...

Have a great Sunday, Happy Readers...^^

2 komentar:

  1. Tanganku tuh kayaknya nggak bakat bikin DIY - DIYan. Ujung - ujungnya berantakan hihihi. Tapi ini kayaknya lumayan mudah ya. Jadi pengen coba. TFS mbak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti itu bakatnya di yang lain nih Mbak Putri, make up.. Syusaah juga lho itu menurut saya.. Oke, ditunggu hasil karyanya and also thanks for your comment, Mbak Putri..

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Teman-teman :)