Rabu, 23 Oktober 2013

Sera, Gajah dan Kebun Binatang.

   Gajah, si binatang berbelalai panjang dan badannya besar adalah hewan super-favoritnya Sera.  Setiap ada gambar gajah, dia berseru, "Gajah!" pun ketika milih mainan, buku, dan tontonan.  Bahkan sejak usia 8 bulan saat dia bisa mengucapkan dua suku kata, sudah bisa mengucapkan kata Gajah.  Ckckck.  Sinar mata Sera berbinar-binar saat saya atau Bebeh menanyakan, 'Kakak suka hewan apa?' Pastinya si hewan dari benua Afrika ini selalu disebutnya berulang-ulang.

   Pertemuan pertama Sera dengan gajah waktu dia berusia 13 bulan di Secret Zoo Batu Malang. Kebetulan kami sedang main ke kampung halaman Opa nya di Sidoarjo, nah kesempatan itu ngga kami sia-siakan untuk main sambil mengenalkan Sera ke hewan kesayangannya si Gajah.

   "Keren banget Secret Zoo ini!" Pekik saya dalam hati.  Lokasinya tepat di kawasan wisata Batu Malang dekat dengan Jatim Park I dan II dan saya dibuat kagum banget sama penataan kebun binatang yang rapi, atraktif, dan super luas ini.






Ini dia foto Sera dan Gajah di usia 13 Bulan


   Hampir satu tahun kemudian, saya pikir sudah saatnya Sera harus ketemu lagi dengan si Gajah.  Nah, tepat di usia dia 24 bulan, sambil merayakan momen ulang tahun kedua Sera, kami ajak ke Kebun Binatang Bandung (KBB).

   Pemandangan yang kami dapatkan di KBB berbeda dengan Secret Zoo. Susah diungkapkan, pokoknya begitu sampai di sini hati saya jadi iba sekaligus miris melihat kondisi yang ada.  Langsung dilihat saja ya penampakannya, saya cari tisu dulu. Hiks.
















Akhirnya, Sera ketemu lagi sama si Gajah.. "Pawooooo......"



   Sungguh disayangkan ya, kondisi Kebun Binatang Bandung ini tampak tidak terawat baik infrastruktur dan hewan di dalamnya.  Sampah, rumput liar, jalan setapak rusak, becek dan udara kurang sedap dihirup.  Gajah nampak kurus, burung Kakak Tua bulunya rontok, beruang madu nampak kelaparan mengais-ais kacang dari pengunjung.  Aah.  Entah rasanya saya harus menyalahkan siapa melihat keadaan disini, yang jelas seharusnya KBB ini jadi aset wisata kota Bandung. Sebab, lokasinya di tengah kota tepatnya di kawasan Dago sangat strategis dengan lokasi kuliner dan wisata lainnya.

Soalnya banyak manfaat kita berkunjung ke Kebun Binatang tentunya ini versi Mameh Sera;
- belajar tentang jenis fauna dari berbagai penjuru dunia
- mengenal flora dan pohon-pohonan
- melihat kebesaran Tuhan melalui ciptaan-Nya
- alternatif wisata sehat murah meriah
- mengasah kecerdasan natural anak
- masih banyak lagi yang lain..

Hmm... Walaupun harga tiket masuk kesini 20.000 rupiah, yang menurut saya terhitung cukup murah. Namun jika kita tidak bisa betah berlama-lama dan menikmati pemandangan di dalamnya rasanya kurang puas.  Kira-kira ide apa yang bisa dilakukan ya? Anyone??  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Teman-teman :)