Sabtu, 01 November 2014

Berburu Pernak-pernik di Asemka

Sudah sering dengar kalau cari pernak pernik, aksesoris, mainan anak dan suvenir murah adanya di Pasar Asemka. Kebetulan Bebeh mau cari kenang-kenangan buat teman-teman satu pelatihannya jadi langsung buat jadwal akhir minggu awal Nopember menjelajah ke Asemka. Yeayy..

Sabtu pagi cerah ceria, kita berangkat jam 8.30 mengingat katanya di Asemka susah parkir plus semerawut abis. Kita masih mengandalkan mbah google dan google map menuntun ke lokasi. Menurut peta, Asemka masuk wilayah Jakarta Barat nama jalannya Pasar Pagi Asemka. Pakai kereta lebih gampang tinggal turun di Stasiun Kota soalnya masih satu wilayah. Dan ternyata saya baru tahu Asemka deket banget sama tempat wisata sejarah Kota Tua yang legendaris itu. Lumayan kan pulang belanja bisa sekalian mampir buat foto-foto ala vintage. 

Menuju Asemka dari arah Bintaro-Tangerang Selatan ada dua rute. Pertama, masuk tol Pondok Aren keluar Tanah Kusir-Veteran, Kebayoran, Sudirman, Thamrin, Merdeka, Gajah Mada belok kiri Asemka. Sabtu pagi rute yang terkenal padat ini lengang dan lancar. Kedua, masuk tol Pondok Aren lalu ambil jalur tol kiri Ciledug-Joglo, Kamal, Tomang, terus lurus sampai keluar tol Jembatan Tiga lalu cari jalan ke Asemka deh. 

Kita pilih perjalanan pergi lewat jalan biasa supaya lebih berasa menjelajah jalanan kota metropolitan. Hehe.  

Ahh.. Sampai juga di Asemka setelah kurang lebih satu jam perjalanan. Sudah ramai sekali orang lalu lalang di kawasan pasar super padat ini. Jalan utama penuh dengan parkir motor, pedagang di pinggir jalan dan trotoar bikin jalannya tersendat. 

Kita sampai jam 10 an tapi lahan parkir udah penuh aja. Alhamdulillah masih dapat tempat kosong setelah belokan bawah jalan layang paling ujung dekat Kota Tua. Sepanjang jalan ini memang digunakan untuk parkir mobil pribadi dan truk barang.
Saatnya perburuan dimulai, Bebeh sendirian survei lokasi jualan suvenir dan mainan juga barang murmer lain. Kalau saya nunggu Sera lagi terlelap di alam mimpi, ketiduran pas mau sampai Asemka. Hehe. Baru setelah Sera bangun, kita barengan berpetualang.  

Pertama kami masuk ke toko Han's menjual berbagai mainan eceran dan grosiran. Kata teman satu kantor Bebeh, toko Han's harganya lebih murah dibanding toko lainnya.  Soalnya beliau pernah jualan mainan anak ngambilnya dari sini.  Lokasi tokonya kalau kita menuju jalan Asemka, persis di sebelah kiri jalan dibawah jembatan layang. 


Barang toko Han's cukup lengkap untuk bayi, anak laki-laki dan perempuan bahkan buat orang dewasa juga ada. Saya perhatikan beberapa bapak muda cari miniatur mobil semacam mercy, bmw, mungkin untuk koleksi.  

Kalau harga lumayan miring sih, sudah tercantum dan ga bisa ditawar alias pas. Di sini saya hanya beli fun doh isi 10 warna harganya 20.000 kalau di toko biasa harganya 25.000. Sekedar gambaran harga di Han's piano anak 90.000, lego kw besar isi jumbo 170.000, tempat duduk bayi pompa Intex 83.000, kitchen set anak mulai 125.000, aneka Fun doh set mulai 22.000. Beli grosiran buat dijual lagi pasti jauh lebih miring harganya. 

Uniknya, pas belanja kita bisa dengar gema suara yang punya toko ngasih arahan ke karyawan ga tanggung-tanggung pakai speaker! Udah gitu nunjuk barang di atas pake laser. Saking buanyak orang yang lalu lalang dan nanya ini itu. 

Lalu kami menjelajah tempat lain, persis sebelah kanan Toko Han's ada gedung pertokoan juga sekaligus jalan menuju kawasan lainnya. Disana jual aksesoris anak perempuan, pernak pernik kalung gelang wanita, frame foto, alat tulis, tas dan dompet, suvenir pernikahan, dll. Saya beli stiker harga 18.000 setengah lusin atau 6 buah jadi satuannya 3.000. Kalau beli satu lembar stiker 5.000. Rencana saya pakai stiker ini buat kasih Sera reward saat dia melakukan hal-hal baik. 

Balik ke tujuan utama cari suvenir Bebeh.  Kita menyusuri jalan pertokoan sampai ujung barulah menemukan gedung bertingkat yaitu pasar Asemka lama dipisahkan oleh jalan yang muat 1 mobil. Gedung inilah cikal bakal Asemka seperti sekarang. Penampakan luar terlihat kusam, gelap, kotor, sempit dan sumpek. Kaya apa ya di dalamnya (udah bergidik aja bawaannya..)

Didalamnya sempit, agak gelap, banyak lorong, pengap, tidak bebas asap rokok dan sampah berserakan di sekitar eskalator yang sudah tidak berfungsi. Iyuuh. Demi barang lebih murah gapapa deh dijabanin. Jualannya ada kosmetik, aksesoris wanita seperti kalung dan gelang, alat tulis kantor, dompet, topi, mainan anak, alat rumah tangga, keperluan bayi, dan masih banyak lagi. Saya beli jepit rambut seharga 15.000 kalau tiga dapat 10.000. Sepanjang perjalanan Sera minta pulang terus sambil digendong Bebeh. Ngga nunggu lama-lama kita pun mengikuti maunya Sera (jangan sampai dia nangis deh). 

Muter-muter gedung lama Asemka kita belum nemu suvenir yang pas. Rencana cari untuk 45 orang dengan budget maksimal 5.000 per orang jadi total sekitar 225.000. Kalau frame foto satu nya bisa 7.000-11.000, mau kasih suvenir cermin atau gantungan kunci lebih murah sekitar 4.000 dan masuk budget tapi minimal 100 buah. Kasih gelas atau jam meja harganya diatas 10.000. Hampir putus asa dan Sera terus ngajak pulang, akhirnya kita menyudahi perburuan ini. 

Begitu menyusuri jalan pulang kita lewat lagi ke pertokoan pertama dan lihat toko pernak pernik ulang tahun anak. Tiba-tiba Bebeh tertarik sebungkus plastik berisi lusinan pulpen angry bird panjang. Dia dapat ide mau dikasih kertas bertuliskan kesan pesan di bagian atasnya jadi seperti bendera. Saya oke aja karena udah ga ada ide lagipula tetiba ngiler ini itu diluar rencana. Naluri belanja ga bisa dibendung lagi akhirnya malah saya ikutan beli crayon isi 24 warna, plastik buku, bando ulangtahun, dan tentu saja suvenir Bebeh 4 lusin pulpen angry bird. Semuanya 170.000 saja, senang riang harga dibawah budget. 



Hampir pulang, diujung pertokoan ada jual payung cantik. Akhirnya saya borong tiga payung polkadot dan jas hujan anak seharga 20.000. Wah bener-bener kalap si mameh (gaboleh ditiru ya buibu).

Kali ini kita benar-benar jalan pulang walaupun barang lucu kanan kiri masih menggoda. Yap, perburuan usai akhirnya. Cukup puas di hati juga kantong begitu dapat barang murah dan bagus-bagus. Jadi ingat kalau di Bandung pernak-pernik gini gudangnya di sepanjang jalan Cibadak. Walaupun barang ngga persis sama dengan Asemka tapi murahnya kurang lebih sama, lagi-lagi asal jago nawar. (Pasti bukan saya tuh.. Hehe)

Inilah sebagian hasil buruan kita kali ini. 



Tips Mameh Ghina belanja di ke Asemka:
- Datang lebih pagi supaya dapat parkir strategis. 
- Sepatu dan pakaian harus nyaman soalnya medan cukup menantang buat blusukan. Halah. 
- Sebaiknya ngga bawa bayi masuk pasar lama Asemka. Selain pengap dan ngga bebas asap rokok, jalannya juga sempit. 
- Toilet ada di gedung lama, numpang di toko Han's juga bisa. 
- Kayanya ngga ada nursery room, kalau ada, ajaib banget. 
- Rumah makan ada di sekitar Asemka, semacam RM padang atau warung nasi. Saya ngga punya rekomendasi tempat makan enak soalnya waktu itu langsung pulang. 
- Murah? Iya kalau beli banyak. 
- Sebelum berburu, buat daftar belanjaan dari rumah, cari informasi harga barang yang diincar dan kalau bisa borong. Hehe. 
- Cari suvenir pernikahan dengan tempat lebih nyaman dan lengkap ada di lantai 5 gedung Asemka baru. Minimal beli 100 buah. 
- Ga perlu khawatir kalo uang habis atau kurang tinggal naik lift di lantai 1 gedung Asemka baru ketemu ATM BCA. 

Sayangnya kita ngga sempat ke Kota Tua buat jalan dan foto-foto. FYI, lewat jalan biasa berasa lebih jauh tapi malah lebih murah sementara kalau lewat tol sangat menguras dompet. Ceritanya kita mau coba tol baru JORR 2 keluar Pondok Aren. Ternyata kita melewati banyak pintu tol sepanjang perjalanan, sebentar-sebentar bayar sampai menghabiskan total sekitar 33.500. Wow.  Keuntungannya tol mahal gitu kita bisa hemat waktu tempuh setengah jam perjalanan. 

Begitulah cerita berburu di Asemka, lain waktu ingin cari mainan di Pasar Gembrong yang katanya murah juga. Ikuti petualangan Mameh yang lain yuk... 

5 komentar:

  1. Enak ya Mak kalo udah nemu toko dengan harga pas dan plaing murah. Gak perlu capek-capek nawar lagi :)

    BalasHapus
  2. Selain ga perlu capek nawar jadi lebih menghemat waktu kan Mak Hilda.. Senang deh mampir di mari.. Makasih Mak Hilda.. :)

    BalasHapus
  3. Eits.. mameh Gina nih!! Aq mau kesana teh, biasanya sih naik kereta, blm pernah nyoba bawa mobil. Parkirannya aman ga teh?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwa, senangnya dikunjungi Neng Leha.. Hihi... Pengalamanku cari parkir agak susah kalau mau deket lokasi say... Tapi aman kok, insya Allah^^

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Teman-teman :)